06 Agu 2019 09:11

Awas!!Keluarkan Lava Panas, Karangetang Siaga III

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) khususnya Pulau Siau siaga. Pasalnya, Gunung Karangetang sejak 17 Juli hingga saat ini, terus erupsi sambil mengeluarkan lava panas.

 

Berdasarkan data observasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hingga sekarang, aktivitas Karangetang masih fluktuatif. “Terpantau asap kawah utama dan kawah dua bertekanan gas sedang teramati setinggi 50 meter di atas puncak.

Guguran lava pijar juga masih meluncur dari puncak yang mengarah ke empat titik yakni kali Malebuhe dengan jarak luncuran 300 meter dari puncak. Sedangkan di Kali Pangi dan Nanitu terjadi luncuran dengan jarak 1.000-1.500 meter dari puncak, serta sebagian ke kali Sense dengan jarak luncuran 1.000 meter dari puncak," ujar Didi Wahyudi Petugas Pos Pengamat Karangetang.

"Sampai saat ini, disimpulkan tingkat aktivitas Gunung Karangetang masih tetap pada level III (siaga). Belum ada penurunan maupun peningkatan. Meski begitu tetap direkomendasikan agar masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan pendakian maupun beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya, pada radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang," jelasnya.

123
Kirim Komentar