06 Agu 2019 12:28
Komitmen Pemkab Berantas Kemiskinan

21 Ribu Warga Boltim Nikmati Pelayanan Kesehatan Gratis

MyPassion
Ilustrasi.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemkab Boltim terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi warganya. Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Boltim Ni'ma Mokoagow mengatakan, tahun ini  sebanyak 21.008 warga miskin akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan melalui Premi Bantuan Iuran (PBI) APBD Tahun Anggaran 2019. "Yang resmi terdaftar peserta BPJS Kesehatan 2019 sudah sekitar 21.008 warga miskin. Proses pembayaran BPJS dilakukan oleh Dinas Kesehatan Boltim," sebutnya.

 

Dia membeber berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Boltim, peserta JKN KIS yang resmi terdaftar untuk warga miskin di Boltim sudah mencapai 69.596 peserta, atau sekitar 74 persen. Sementara peserta BPJS yang sudah termasuk pengakomodiran pada program PBI APBN sudah sebanyak 28.287 jiwa. "Khusus talangan PBI APBN yang dinon aktifkan masih 2.755 peserta. Rencananya dari jumlah itu akan diusulkan sekitar 1.500 peserta untuk PBI APBN 2019," bebernya.

Namun, dia menjelaskan, pada usulan peserta BPJS talangan PBI APBN tahun ini, pihaknya akan memutakhirkan data melalui sistem Basis Data Terpadu (BDT). "Kuota ditetapkan berdasarkan usulan desa. Kita ambil datanya dari BDT. Tahun ini ada permintaan talangan PBI APBD lagi sekitar Rp 6 miliar," pungkasnya.(*/ayu)

Kirim Komentar