05 Agu 2019 10:49

`Surga Tersembunyi` Dibalik Pegunungan Kobo Kecil

MyPassion
Untuk bisa melihat keindahan alam di Desa Kobo Kecil harus melewati 145 anak tangga.(Claudia/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dibalik pegunungan Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu terdapat ‘surga tersembunyi’. Karena menyimpan keindahan alam luar biasa, yakni air terjun. Penduduk setempat menamainya air terjun 6 trip  Molipungan. Pantauan Manado Post, ada sekitar 145 anak tangga yang dibangun, sepanjang kurang lebih 100 meter untuk menaiki bukit.

 

Kepala Desa Kobo Kecil Refli M Ginintu mengatakan, sejak 3 tahun terakhir baik Pemerintah Kota Kotamobagu maupun pemerintah desa secara serius mengembangkan potensi sumber daya alam tersebut, menjadi destinasi wisata lokal. “Mulai dari pembukaan akses jalan, sampai dengan penyedian infrastruktur menuju ke air terjun,” ujarnya.

Menurut dia, Pemerintah Desa Kobo Kecil sejak tahun 2018 hingga 2019 menyediakan anggaran melalui Dana Desa (Dandes) guna pembangunan toilet, gazebo, anak tangga dan kolam. “Tahun ini pun anggaran sebesar Rp 313 juta digelontorkan untuk pembangunan tahap dua anak tangga,” sebutnya.

Lanjutnya, pihaknya menargetkan pembangunan anak tangga selesai tahun 2019. "Saat ini kita fokus menyelesaikan pembangunan anak tangga, gazebo dan toilet. Anak tangga ini total keselurahan 200-an meter, dibangun dalam dua tahap, dan diantaranya ada gazebo sebagai tempat istirahat bagi pengunjung sebelum sampai di lokasi air terjun," ujarnya.

Dia mengungkapkan, setelah menyelesaikan pembangunan anak tangga, pihaknya pun sudah merencanakan pembangunan kolam. "Setelah itu kita akan membangun kolam di bawah air terjun. Lokasinya akan kita atur sedemikian sehingga terlihat bagus, selanjutnya jika sudah selesai akan diserahkan ke BUMDes untuk dikelola, guna menambah PAD," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya dijanjikan tahun 2020 akan menerima bantuan Rp 2 miliar dari pemerintah. "Beberapa waktu lalu ada kunjungan dari Dinas Pariwisata Pemprov Sulut, dan mereka menyampaikan tahun depan air terjun ini akan mendapatkan bantuan dana untuk menunjang infrastruktur," tandasnya.(cw-01/ite)

Kirim Komentar