05 Agu 2019 10:45
Gencar Lakukan ke Ibu Hamil

Kepala Dinkes Sangihe: Kini Tes HIV Bisa di Puskesmas

MyPassion
Jopy Thungari

MANADOPOSTONLINE.COM—17 puskesmas di Sangihe difasilitasi alat pendeteksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Termasuk tenaga medisnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sangihe Jopy Thungari mengatakan alat rapid test diagnosis HIV tersebut sudah ada di semua puskesmas di Kabupaten Kepulauan Sangihe.  Sehingga nanti jika ada yang diduga menderita atau memiliki gejala penyakit tersebut bisa dites menggunakan alat ini. "Namun kami tidak langsung melakukan tes. Bakal konseling baru kami diperiksa," jelasnya.

Disentil terkait model alat tersebut, Thungari membeberkan alatnya mirip test pack atau alat pendeteksi kehamilan. Hanya saja kalau tes kehamilan menggunakan air seni. Sementara tes HIV pakai darah. "Jadi nanti jari yang hendak diambil sampel darahnya akan diusapkan di alat tersebut. Pengambilan sampel darah dapat menggunakan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk hasil maksimal. Kemudian nanti akan timbul dua garis berarti positif dan sebaliknya," beber Thungari.

Dia menambahkan, pihaknya saat ini gencar mengikuti program nasional, yakni melakukan pemeriksaan kepada semua ibu hamil. "Bukan hanya yang memiliki gejala, tetapi semuanya. Agar juga ada penanganan khusus ketika bersalin jika ibu hamil terindikasi virus HIV," pungkas Kadis.(wan/gel)

Kirim Komentar