05 Agu 2019 10:55

Diskominfo Boltim Maksimalkan PPID

MyPassion
Hamdi Egam

Untuk memaksimalkan pemberian informasi pada pemerintah dan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terus memaksimalkan kinerjanya melaui peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kadis Kominfo Boltim Hamdi Egam menjelaskan berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 117 Tahun 2010 tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi, salah satu tugas PPID menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi. PPID Boltim menyiapkan kotak saran sebagai bentuk penyampaian aspirasi masyarakat terutama dalam hal memberikan informasi kepada pemerintah daerah.

"Kotak saran disediakan untuk menerima masukan terkait pemerintahan dan pembangunan daerah. Dari informasi atau saran masyarakat nantinya akan disampaikan kepada Bupati ataupun Sekertaris Daerah," jelasnya ketika dikonfirmasi kemarin.

Dia pun menekankan keterbukaan informasi publik melalui kotak saran merupakan salah satu sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara, badan publik dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Sambungnya, hal tersebut juga telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018, tentang keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh PPID.

"Maka untuk lebih mengefektifkan dan meningkatkan peran dan fungsi kinerja, PPID akan melayani dengan menerima saran dan masukan dari masyarakat," tekannya.

Sejalan dengan semangat untuk mewujudkan tata kepemerintahan yang baik, PPID juga memiliki kewenangan untuk mengkoordinasikan setiap unit organisasi di pemerintahan Boltim dalam melaksanakan pelayanan informasi publik.

"Informasi yang berdedikasi adalah siap melayani, dan melakukan pengawasan internal dan evaluasi kinerja di setiap organisasi perangkat daerah," tutupnya.(ayu/*)

Kirim Komentar