05 Agu 2019 09:20

Dampak Badai Tropis, 9 Daerah di Sulut Ini Waspada Angin Kencang

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sulawesi Utara (Sulut). Peringatan ini berlaku mulai tanggal 4 hingga 6 Agustus 2019.

 

Badai Tropis Francisco dan gelombang tinggi diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Sulut. Dalam rilisi BMKG yang didapat Manado Post, kekuatan angin akan mencapai 15 hingga 20 knot.

“Kekuatan angin rata-ratanya untuk wilayah Sulut sampai saat ini memang masih berkisar 15 sampai 20 knot. Tapi bisa dua kali lipat dari itu,’’ beber Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Maritim Bitung Ricky Daniel Aror, ketika dikonfirmasi kemarin.

Angin kencang yang terjadi saat ini karena depressi tropis di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina, dan depressi tropis Wipha di bagian utara Vietnam. Selain itu, dikarenakan adanya badai tropis Francisco di Samudera Pasifik sebelah selatan Jepang menyebabkan potensi angin kencang di sebagian wilayah Sulut.

Dia menjelaskan, badai ini umumnya berada di sebelah timur laut Filipina. Namun dampak tidak langsungnya bisa dirasakan wilayah-wilayah di Sulut.

“Badai tropis ini bisa menarik masa udara yang ada di sekitar. Jadi masa udara dari selatan cenderung anginnya ditarik ke timur. Sehingga menimbulkan kecepatan angin dan harus diwaspadai,” jelasnya.

Namun dia menekankan, berdasarkan hasil analisis BMKG, angin badai tropis tersebut hanya akan berlangsung hingga hari ini. “Hanya sampai esok (hari ini). Selasa sudah akan kembali normal dan mulai turun,” sebutnya lagi, sembari mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada. “Tetap waspada. Karena angin kencang dan gelombang tinggi masih akan terjadi,” pesannya.

Kencangnya angin memang akan berdampak pada tingginya gelombang laut. Sesuai peta prakiraan tinggi gelombang tercatat, gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,50 meter akan terjadi di perairan selatan Sulawesi Utara, Perairan timur Bitung, Kepulauan Sitaro.

123
Kirim Komentar