02 Agu 2019 09:03

PDI-P Dorong Jaksa Agung dari Internal Kejaksaan

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengisian jabatan Jaksa Agung mendapat perhatian khusus dari sejumlah partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Mereka pun meminta agar posisi strategis dalam penegakan hukum itu tidak diisi dari unsur partai politik (Parpol), agar tidak sarat kepentingan dan intervensi.

 

PDI Perjuangan mengusulkan agar jabatan Jaksa Agung pada periode kedua kepemimpinan Jokowi sebaiknya berasal dari jaksa karir yang diambilkan dari internal Kejaksaan Agung.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan,  Jaksa Agung yang berasal dari internal Kejaksaan dapat menciptakan stabilitas dalam  lembaga tersebut.

Jika ingin mendorong stabilitas sebuah sistem, baik di kementerian, lembaga, maupun kejaksaan, maka harus diberikan ruang bagi orang-orang yang berada di internal institusi tersebut.

“Kita memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan jabatan yang tertinggi,” terang dia kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat kemarin (1/8).

Selama ini, jabatan Jaksa Agung menjadi sorotan dari berbagai kalangan. Terjadi perbedaan pandangan apakah jabatan itu diisi orang parpol atau jaksa karir.

Sejumlah pihak mengkhawatirkan jika posisi Jaksa Agung kembali diambilkan dari parpol maka independensi penegakan hukumnya dipertanyakan.

Hasto menyatakan bahwa partainya mendengarkan berbagai aspirasi publik terkait posisi Jaksa Agung. Mereka menginginkan agar lembaga penegak hukum itu dipimpin  dari internal kejaksaan.

12
Kirim Komentar