01 Agu 2019 10:00

Data Apple Tak `Eksklusif` Lagi

MyPassion
Ilustrasi. (Yano/MP)

YANG punya gadget bermerek Apple pasti mengakui, untuk share data, brand terkenal yang satu ini sangat ‘eksklusif’. Pengguna tak bisa saling share data secara legal dengan gadget merek lain.

Namun kini, Apple Inc resmi mengumumkan bergabung dengan proyek berbagi data. Demi mengembangkan sistem yang dapat dioperasikan untuk membawa masuk dan mengeluarkan data melalui iCloud.

Proyek itu dibuat untuk mempermudah transfer data dari satu layanan ke layanan lainnya. Proyek Transfer Data (DTP) sebagian besar terdiri dari pengkodean back-end untuk membuat alat ekspor data seperti Google Takeout.

Saat ini tim proyek tengah membuat alat serupa untuk memungkinkan pengguna misalnya, hendak mengirim semua foto dari Facebook ke akun Google mereka. Alat itu disebut aman dari kebocoran data.

Sementara itu Google, Microsoft, Facebook, dan Twitter sebelumnya telah menyepakati untuk berbagi data melalui proyek GitHub pada musim panas tahun lalu.

"Kami benar-benar terdorong oleh kemajuan yang telah dibuat oleh Proyek Transfer Data sejak kami bergabung tahun lalu dan kami berharap bisa meluncurkan fitur pertama untuk berbagi data kepada pengguna beberapa bulan mendatang," kata Perwakilan Google, Jessie Chavez dikutip The Verge.

Menyoal Proyek Transfer Data, program ini dibuat pertama kali pada 2018 untuk menciptakan layanan data secara open-source sehingga setiap orang dapat memindahkan data mereka antara penyedia layanan kapan pun.

Dilansir laman resmi DTP, cara kerja transfer data antar layanan itu menggunakan Application Programming Interface (API) dan mekanisme otoritas layanan yang ada untuk mengakses data.

Tim DTP juga menggunakan adaptor khusus yang berfungsi untuk mentransfer data ke dalam format tertentu.(cnn)

Kirim Komentar