31 Jul 2019 13:48

Waspada! Aktivitas Karangetang Masih Tinggi

MyPassion
Ilustrasi. (Don/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM-- Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen, didampingi Kepala BPBD Bob Wuaten, kembali melakukan pemantauan aktivitas gunung api Karangetang, Selasa (30/7) kemarin.

Pemantauan tersebut dilakukan mengingat masih tingginya aktifitas gunung, dan sering terjadi lelehan lava yang mengarah ke Kali Beha dan Kinali.

Dalam kesempatan itu Sasingen mengingatkan masyarakat terutama di Kampung Kinali, untuk selalu waspada. "Pemerintah Kampung wajib berkoordinasi, apalagi di Kinali telah dibangun posko darurat. Sehingga koordinasi dan komunikasi perlu terus ditingkatkan, mengingat aktifitas gunung, yang hingga saat ini masih fluktuatif," singkatnya.

Sementara itu Kapolres Siau Barat Johanis Sesebohe mengatakan, sejak 09.00 Wita pihaknya telah melaksanakan patroli serta pemantauan didaerah rawan bencana yakni pada sekitaran Kampung Kinali, Kiawang dan Kawahang. "Kami juga telah berkoordinasi sekaligus melakukan pemantauan langsung dari pos PGA, serta meminta petugas pos agar tetap memberikan informasi perkembangan aktivitas dan situasi gunung Karangetang," jelasnya.

"Tadi juga telah dilakukan koordinasi dengan Kapitalau Kampung Kinali serta memberikan imbauan kepada warga untuk selalu waspada dan antisipatif ketika menyeberang kali apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang dapat mengakibatkan terjadi lahar dingin dan longsor," terangnya.

Disisi lain Kepala BPBD Bob Wuaten meminta agar seluruh masyarakat tidak terpengaruh dengan isu terkait guguran lava panas yang informasinya bukan dari petugas pengawas Gunung Api, dinas BPBD, Pers dan Tni-Polri. "Pastikan menyaring seluruh informasi hal ini guna menjaga kondusifitas dalam masyarakat," pungkasnya. (Drp/tr-05)

Kirim Komentar