29 Jul 2019 09:24
VR-Sambuaga Hadang CEP

GSVL vs E2L Berebut Tiket NasDem

MyPassion

Pengamat politik Dr Stefanus Sampe mengakui potensi pertarungan PDI Perjuangan dengan NasDem juga Golkar sangat besar terjadi.

Partai ini menurutnya memiliki dukungan politik besar di parlemen lokal hasil dari pemilu baru-baru ini. "Kemudian situasi politik nasional juga akan menentukan hubungan partai ini. Kelihatannya NasDem tidak akan bertahan lama dalam koalisi di pusat," katanya.

Selain itu, bertaburnya kader popular serta beberapa yang sementara menjabat kepala daerah menjadi kekuatan tersendiri bagi NasDem. Sehingga hal tersebut menurutnya bisa saja menjadi alasan kuat mengapa NasDem bisa diperhitungkan pada Pilgub nanti. Sementara PDI Perjuangan sepertinya penuh percaya diri.

Bicara soal peluang, Sampe menilai, PDI Perjuangan berpotensi menang. Dikarenakan partai berlambang banteng ini sebagai incumbent. Ini memiliki poin tersendiri. Apalagi Sulut dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan perkembangan yang pesat.

Baik dari segi infrastruktur hingga perkembangan di sektor wisata. "Incumbent sangat berpotensi bisa kembali menang. Karena selain memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi, keberhasilan incumbent selama memimpin tentu menjadi poin penting dalam mendulang suara nantinya," papar Sampe.

Terpisah, pengamat politik Jovano Palenewen menilai NasDem sangat berpotensi menjadi lawan PDI Perjuangan. Dikarenakan sesuai hasil pemilu di Sulut, NasDem terus menunjukkan tren positif.

"Tren ini bisa saja menjadi tanda NasDem berpotensi menjadi lawan PDI Perjuangan nanti.  Apalagi NasDem saat ini mempunyai sejumlah kader yang mempunyai kekuatan politik. Tidak bisa diremehkan. Bahkan itu terbagi hampir di setiap wilayah. Dengan dibuktikan pada keberhasilan mereka pada Pemilu baru-baru," jelasnya.

Meski begitu, NasDem tetap harus berhati-hati jika berhadapan dengan PDI Perjuangan. “Sepak terjang Golkar juga wajib diwaspadai. Sebagai partai besar, Golkar punya banyak massa militan di daerah-daerah,” sebutnya.(cw-01/gel)

123
Kirim Komentar