29 Jul 2019 09:24
VR-Sambuaga Hadang CEP

GSVL vs E2L Berebut Tiket NasDem

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Siapa yang akan diusung partai politik (parpol) di Pilkada serentak 2020 menarik dinantikan. Para kader parpol pun mulai gerilya untuk berburu tiket. Baik calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

 

Tiga besar parpol pemenang pemilihan legislatif (pileg) 2019, PDI Perjuangan, Partai NasDem, dan Partai Golkar, hampir pasti akan mengusung calon. Khusus PDI Perjuangan, di beberapa kesempatan sudah diumumkan jika incumbent, Olly Dondokambey-Steven Kandouw akan kembali diusung.

Yang membuat publik penasaran adalah siapa yang bakal ditetapkan calon oleh NasDem. Beberapa nama mulai mencuat. Yakni GS Vicky Lumentut (GSVL), Elly Engelbert Lasut (E2L), Benny Mamoto, hingga Maxmilian Lomban. Selanjutnya di Golkar, meski harus koalisi namun nama Christiany Paruntu, Stefanus Vreeke Runtu, serta Jerry Sambuaga mencuat di publik.

Juru bicara Golkar Sulut Feryando Lamaluta mengatakan, Ketua DPD I Christiany Eugenia Paruntu (CEP) jadi prioritas. “Ibu Tetty (sapaan akrab Paruntu) prioritas karena beliau ketua partai,” ujar Lamaluta. Misi ini membuat Golkar menggencarkan komunikasi dengan sejumlah partai lain. Untuk memenuhi syarat 30 persen pencalonan.

“Kita masih kurang dua kursi. Jadi harus koalisi. Sudah ada beberapa partai yang berkomunikasi bahkan bertemu dengan kami. Tunggu saja. Paling lambat akhir 2019 sudah ada nama yang kita usung,” tukasnya sembari menambahkan, semua kader beringin punya peluang masuk bursa calon gubernur. “Ada mekanisme partai yang harus dilalui,” kunci Lamaluta.

123
Kirim Komentar