29 Jul 2019 14:22

Cool Storage Pulau Terluar Mubazir

MyPassion
Ilustrasi Cool Storage. (Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Program pemerintah pusat di sektor perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, khususnya bantuan cool storage atau fasilitas pengawetan ikan tidak maksimal. Pasalnya, cool storage tidak berfungsi. Sejak mulai ditempatkan. Akibat ketersediaan listrik tidak memadai.

 

Cool storage yang tidak berfungsi tersebut berada di pulau terluar. Yakni Matutuang, Kawaluso, Kahakitang, Nusa Tabukan, Para, serta Beng. Beberapa kendala tak berfungsinya cool storage dimaksud sempat terungkap di setiap kegiatan Me’Daseng.

“Ini telah diinformasikan ke pemerintah pusat lewat Tim Kementerian Perikanan,” ungkap Bupati Jabes Gaghana ME. Meski dalam keadaan tak berfungsi, lanjutnya, diakui terbuka peluang memanfaatkan sejumlah cool storage tersebut.

Yakni lewat pihak PT Aruna, perusahaan nasional yang saat ini melakukan pembelian ikan di kawasan yang berbatasan dengan Filipina tersebut.

“Cukup banyak cool storage di Kabupaten Kepulauan Sangihe tidak berfungsi sama sekali sejak dibangun pemerintah pusat. Dengan kehadiran PT Aruna diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas ini,” ungkap bupati.

Pemkab Sangihe juga tengah berupaya menggiring nelayan Sangihe menggunakan teknologi digital dalam proses penangkapan ikan.

Yakni bekerjasama dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam menerapkan aplikasi nelayan pintar lewat jasa internet.

“Kita sudah undang Kementerian Kominfo mengajarkan sistem digital kepada nelayan. Ini merupakan pemecahan masalah perikanan yang langsung pada kesimpulannya,” ujar bupati, sembari mengimbau nelayan yang sempat mengikuti sosialisasi dan pelatihan digital, terus mempelajarinya dan mampu menguasai aplikasi nelayan pintar.(wan/gel)

Kirim Komentar