26 Jul 2019 08:46

Juknis Turun, Rekrutmen CPNS Dibuka

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) Tahap II dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, bisa digelar pada waktu bersamaan.

 

Sebelumnya, perekrutan P3K Tahap I sempat direncanakan bakal dilaksanakan Agustus. Sementara CPNS 2019 Oktober mendatang. Demikian diungkapkan pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

Kepala BKN RI Bima Haria Wibisana mengatakan, sistem penarikan P3K akan memakan waktu lebih cepat, lantaran pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadikan satu waktu.

“Nah CPNS ini yang butuh waktu. SKD-nya dulu selesai, baru SKB di masing-masing instansikan. Tapi biasanya kementerian karena perbedaan keterampilan yang dibutuhkan, jadi mereka ingin mengadakan (SKB) sendiri,” jelasnya di di Istora Senayan, Jakarta.

Secara alokasi formasi, pemerintah pada 2019 ini total membutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru sebanyak 250 ribu formasi. Jumlah itu kemudian dibagi 150 ribu formasi untuk P3K dan 100 ribu formasi untuk CPNS.

Jumlah formasi yang saat ini masih tersedia untuk kedua seleksi tersebut yakni sekitar 200 ribu formasi. Dengan rincian, 100 ribu formasi pada P3K Tahap II (seleksi tahap pertama baru menyaring sekitar 50 ribu formasi) dan 100 ribu formasi pada CPNS 2019.

Lebih lanjut, Bima tak menutup kemungkinan bilamana perekrutan P3K Tahap II dan CPNS 2019 dilaksanakan pada satu waktu. "Bisa saja, karena dari sisi sistem enggak ada bedanya. Misalnya ada 5 kelas, 2 kelas untuk P3K, 3 kelas untuk CPNS, bisa saja. Dari sistem enggak ada masalah," tuturnya.

“Ini kan masalah management saja sebetulnya, apakah mereka bisa mengirimkan verifikasi untuk P3K dan CPNS secara akurat dan tepat waktu. Itu aja," dia menandaskan.

123
Kirim Komentar