26 Jul 2019 11:14
Tetap Layani Pasien Jaminan Kesehatan

Enam Puskesmas di Mitra Belum Terakreditasi

MyPassion
Helni Ratuliu

MANADOPOSTONLINE.COM—Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Mitra belum sepenuhnya memiliki akreditasi.

 

Buktinya dari 13 Puskesmas yang tersebar, enam diantaranya belum memiliki akreditasi. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra Helni Ratuliu mengungkapkan pihaknya terus mendorong untuk seluruh puskesmas yang ada sudah bisa terakreditasi. "Kami upayahkan tahun depan semua sudah bisa terakreditas. Bahkan tahun ini ada dua yang sudah sementara mengikuti tahapan pendampingan akreditas," katanya.

Tujuh puskesmas yang sudah terakreditasi masing-masing yang ada di Ratahan, Belang, Towuntu Timur, Ratatotok, Tombatu, Molompar Belang, Basaan. Dengan mengantongi kategori akreditas dasar dan madya. "Puskesmas Ratahan dan Tombatu sudah akreditas madya. Sedangkan sisanya akreditas dasar," ujar Ratuliu.

Dalam persiapan pendampingan akreditasi bakal diseriusi. Karena ada 776 elemen 776 elemen yang bakal jadi poin penilaian komite akreditasi kementerian kesehatan. "Tentu ini jadi perhatian kami. Karena kemungkinan Agustus ini ada yang lebih dulu bakal mendapat penilaian akreditasi," ungkapnya.

Ditambahkan Ratuliu, meski belum sepenuhnya puskesmas di Mitra terakreditasi. Namun tetap pelayanan BPJS tetap dilakukan. “Tetap semua puskesmas kami lakukan pelayanan BPJS. Tapi akan lebih baik nantinya jika sepenuhnya semua Puskesmas sudah terakreditasi," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kabid Pelayanan Dan SDK Lusi Mewengkang menuturkan untuk penilaian akreditasi ada lima puskesmas yang tengah dipersiapkan. Yakni Puskesmas, Posumaen, Touluaan, Tambelang, Silian, Molompar, Tombatu. Sedangkan untuk Ratahan Timur akan dipersiapkan berikutnya. "Tahun ini lima yang sudah siap. Sementara yang Ratahan Timur nanti tahun berikut," terangnya.(cw-01/gnr)

Kirim Komentar