26 Jul 2019 11:12

Bupati Boltim Dukung Penguatan Ekonomi

MyPassion
Bupati Boltim Sehan Landjar bersama Gubernur Kalsel Noor di acara Rakornas, kemarin.(Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bupati Boltim Sehan Landjar gencar mendukung program inovasi guna untuk menguatkan perekonomian daerah. Hak ini ditegaskannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2019 dengan tema 'Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif', di Jakarta, kemarin.

Landjar menegaskan  kehadirannya pada Rakornas tersebut untuk membangun komitmen bersama dan sinergi antara pemerintah pusat hingga daerah untuk menekan inflasi daerah dan nasional. 

"Sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Bank Indonesia (BI) adalah kunci dalam pengendalian inflasi," ujarnya.

Dia menyebutkan ada tiga strategi kebijakan untuk mendukung pengendalian inflasi ke depan yang menjadi fokus pembahasan dalam Rakornas. Pertama, lanjut Landjar, terus melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian dan pendukungnya melalui sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, terutama di luar Jawa.

Kedua, meningkatkan inovasi program pengendalian inflasi, antara lain melalui pengembangan model kerja sama perdagangan antar daerah yang mengoptimalkan kelembagaan ekonomi dari tingkat desa di daerah. Ketiga, memperluas penggunaan teknologi informasi secara terintegrasi guna mendorong peningkatan produksi pertanian dan perluasan akses pasar bagi petani. "Upaya-upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan. Khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan karena ada dua hal yang menjadi kunci utama dalam mengelola perekonomian negara dan daerah, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi," tekannya.

Dia pun berharap dengan kehadirannya dalam Rakornas tersebut akan banyak hal yang bisa dipelajari dan bisa diaplikasikan di Boltim. Karena saat ini Boltim merupakan daerah yang terus berkembang. "Semoga hasil dari Rakornas bisa diaplikasikan di Boltim agar kedepannya lebih baik lagi," tutupnya.(tr-01/ite)

Kirim Komentar