25 Jul 2019 14:38

Karangetang Terus Muntahkan Lava, Evakuasi Tunggu Petunjuk

MyPassion
Lelehan lava Karangetang yang semakin mendekati pemukiman, mewajibkan seluruh stakeholder terus siaga untuk guna melakukan evakuasi. (Dok PGA Sitaro)

MANADOPOSTONLINE.COM- Peningkatan aktivitas Gunung Api Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro yang terjadi sejak 16 Juli lalu, hingga saat ini membuat seluruh pihak wajib mengutamakan  kewaspadaan.

Pasalnya dalam pantauan Pos Gunung Api (PGA) setidaknya, telah terjadi dua titik lelehan lava, sepanjang 1 Km di Kali Beha Timur,  sekira Pukul 21.50, Selasa (23/7) WITA. Serta di Kali Pangi dan Kali Kinali dengan panjang sekitar 300 Meter.

Pun di Tanggal 22 Juli, lelehan kembali terjadi  mengarah ke Kali Pangi dan Kali Kinali sepanjang 1,5 Km serta adanya,  lelehan lava dari kawah utama yang mengalir ke Timur, di Kali Beha Timur sepanjang 1 Km.

Selain itu, berdasarkan pantauan PGA di Kampung Kinali Kecamatan Siau Barat Utara, aliran lava telah berjarak sekira 1,2 Km dari pemukiman terdekat.

Kepala BPBD Sitaro CH. Bob Wuaten mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk membahas proses evakuasi terutama di daerah terdampak.

"Kami bersama seluruh stakeholder juga telah memutuskan untuk menunggu rekomendasi evakuasi dari PGA. Tentu evakuasi dan penutupan rute bahaya sudah siap dilakukan," tuturnya.

"Saat ini kami telah membuat dua lokasi posko yakni di Kampung Kinali Kecamatan Siau Barat Utara, yang berlokasi di kantor perangkat di kampung terdampak dan di Siau Timur yang berlokasi di kantor kecamatan. Sudah ada personil juga yang berjaga di lokasi posko tersebut," ujarnya lagi.

Sementara itu Kapolsek Siau Barat Johanis Sasebohe mengatakan pihaknya sangat siap untuk melakukan evakuasi warga dan penutupan area zona bahaya. "Kami sudah komunikasikan dan tinggal menunggu rekomendasi. Selain itu seluruh personil juga akan bergabung dalam memonitor situasi di wilayah terdampak lelehan lava," kuncinya. (don/jul)

Kirim Komentar