25 Jul 2019 08:28

Info Penting Rekrutmen PPPK dan CPNS 2019

MyPassion

"Karena anggaran terbatas kemungkinan besar akan digelar dalam waktu berdekatan. Ini agar biaya sewa infrastrukturnya bisa dihemat," kata Bima. Meski digelar dalam waktu berdekatan, menurut Bima, pendaftaran PPPK akan lebih dulu. Sebab, kemungkinan besar jumlah pelamar PPPK lebih banyak lantaran tidak ada pembatasan usia.

"Menjaga agar pelamar tidak gagal mendaftar karena kendala teknis misalnya server down, makanya dibuat dua sistem pendaftaran yang berbeda. Kalau PPPK lewat SSCASN (sistem seleksi calon ASN). Sedangkan CPNS lewat SSCN (sistem seleksi CPNS nasional)," terangnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan tes, lanjut Bima, bisa saja digelar bersama tapi kelasnya dipisah. Misalnya dalam lima kelas dibagi tiga PPPK, dua tes CPNS. Namun, itu baru sebatas usulan.

Ada perbedaan mencolok dalam rekrutmen CPNS dan PPPK. Rekrutmen PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar (SKD). Pelamar langsung menjalani seleksi kompetensi bidang (SKB). Berbeda dengan CPNS yang didahului SKD. Setelah lulus SKD, lanjut ke SKB.

"Sesuai pernyataan kepala BKN, jadwal rekrutmen CPNS dan PPPK masih di bulan Oktober Sampai saat ini belum ada info dimajukan atau tidak," sambung Karo Humas BKN Mohammad Ridwan kepada JPNN, Rabu (17/7).

Dia menyebutkan, nanti akan ada jadwal rinci dan disampaikan ke media jika sudah ada keputusan resmi. Saat ini, kata dia, masih banyak pekerjaan rumah Panselnas. Misalnya penetapan formasi setiap instansi, perbaikan dan penambahan soal seleksi kompetensi dasar (SKD)/seleksi kompetensi bidang (SKB), dan lain-lainnya.

Belum lagi penetapan jabatan-jabatan untuk PPPK umum yang akan dibuka. Saat ini masih dalam tahap proses identifikasi. Namun, PPPK difokuskan pada jabatan fungsional seperti analisis, tenaga guru, kesehatan, penyuluh, peneliti, dan lainnya. “Kalau semua sudah beres, baru ditentukan jadwalnya. Yang jelas sampai saat ini rencananya masih di bulan Oktober," terangnya.

Tahun ini, pemerintah menyiapkan alokasi 250 ribu ASN. Terdiri dari 100 ribu PNS dan 150 ribu PPPK. Rekrutmen CPNS dan PPPK ini terbuka untuk umum.(gnr)

12
Kirim Komentar