23 Jul 2019 13:12

Sudah 167 Koperasi Dibubarkan di Minahasa

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM--Ratusan koperasi di Minahasa dibubarkan. Data dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Minahasa ada 167 Koperasi yang dibubarkan

Kepala Bidang (Kabid)Pemberdayaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Minahasa, V B Rumbajan mengatakan pada tahun 2017 lalu awalnya sebanyak 317 daftar nama koperasi yang diminta untuk dikonfirmasi, tetapi setelah diverifikasi terutama terkait kewajiban koperasi tersisa 167 dan ini yang di buburkan.

"Hingga saat ini sudah pernah dibubarkan oleh kementerian sebanyak 167 koperasi di tahun 2017 dan sisanya hingga sekarang 1.143 sedang dievaluasi, terutama mengenai keaktifan dan kewajiban koperasi," ujarnya.

Dari tahun 2018 sampai sekarang lanjutnya, belum ada yang dibubarkan. karena harus melalui beberapa tahapan, dimulai  dari teguran sampe pembinaan, kalau sudah tidak dapat dibina barulah dipertimbangkan untuk dibubarkan.

"Setelah keluar surat keputusan (SK) Menkop, telah diintensifkan pembinaan bagi koperasi yang sisa dan mengenai teguran masih didominasi teguran lisan untuk teguran tertulis dikeluarkan sekitar bulan Desember namun hanya difokuskan untuk melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)," jelasnya.

RAT itu bersifat wajib minimal dilakukan 1 kali dalam setahun. "Sebagai pertanggung jawaban pengurus terhadap anggota koperasi sebab RAT merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi," tandasnya. (rei)

Kirim Komentar