23 Jul 2019 10:33

Ada Tenggat Waktu, Caleg Terpilih Wajib Masukkan LHKPN

MyPassion
Rapat Pleno terbuka KPU Tomohon terkait penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kota Bitung.

MANADOPOSTONLINE.COM -- Beberapa daerah yang tidak masuk ranah penyelesaian hasil Pemilu sudah melakukan penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPRD 2019. Salah satunya Kota Tomohon, di mana 20 kursi DPRD Tomohon lima tahun ke depan sudah memiliki nama penghuninya, lewat penetapan KPU Tomohon, Senin(22/7) malam.

Tahapan selanjutnya yakni pengajuan daftar calon legislatif terpilih ke Gubernur sebagai pengguna kuasa terakhir mengeluarkan surat keputusan,  bagi mereka yang hendak menjadi penghuni gedung rakyat periode 2019-2024.

Gembok pintu masuk gedung rakyat masih harus dibuka dengan tahapan pemasukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara(LHKPN) yang diberi tenggat waktu tujuh hari.

"Wajib dimasukan oleh setiap calon legislatif baik yang terpilih maupun tidak, karena ini akan berpengaruh dalam pengajuan SK ke Gubernur melalui Wali Kota," jelas Ketua KPU Tomohon, Haryanto Lasut seusai pleno terbuka.

Tenggat waktu pemasukan sudah diiformasikan ke setiap peserta pemilu. "Kami sudah memberitahukan ke setiap partai politik untuk segera memasukannya paling lambat tujuh hari setelah penetapan, karena apabila tidak mematuhinya caleg terpilih pun bisa terhambat proses pelantikannya," tukas salah satu aktivis pembentukan Kota Tomohon ini.(wam)

Kirim Komentar