22 Jul 2019 13:59

Semester I Baru 27, 7 Persen, Serapan Anggaran di Sitaro Jongkok

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, punya pekerjaan rumah yang wajib dipacu dan diselesaikan di sisa waktu tahun anggaran 2019. Memaksimalkan pembangunan daerah lewat realisasi serapan anggaran, yang optimal.

Pasalnya, hingga akhir semester pertama serapan anggaran di Negeri 47 Pulau, tak sampai separuh dari pagu tahun ini. Hanya menyentuh 27,7% atau Rp.184 Miliar, yang dieksekusi pihak eksekutif.

Ditegaskan Sekkab Sitaro Drs. Herry Bogar MM kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk mengebut seluruh rencana dan program kerja. Terutama belanja publik, yang diperuntukkan bagi pengerjaan fisik dan non-fisik.

"Apalagi ini sudah memasuki awal semester II, tentu seluruh rencana kerja yang ada wajib dilaksanakan, jangan menunda kerja," seru Bogar.

"Apa yang sudah bisa running, segera lakukan. Minimal harus sesuai dengan schedule, jangan berleha-leha lagi," timpalnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Drs John Palandung sebelumnya telah memberikan warning kepada seluruh OPD. Untuk menggenjot realisasi dan serapan anggaran. "Sebab ini akan berdampak secara keseluruhan, terhadap indeks kemajuan pembangunan yang ada di daerah.

"Tentu jika serapan tidak maksimal, maka banyak rencana pembangunan yang terbengkalai, dampaknya akan langsung dirasakan masyarakat. Jangan menambah potensi terjadinya Silpa yang besar nantinya," tukasnya.

Meski begitu, dirinya tak memungkiri seretnya serapan anggaran tahun ini. Lebih dikarenakan upaya perbaikan sistem pengelolaan keuangan.

“Lewat temuan BPK di tahun 2018, dan saat ini terus kami perbaiki. Agar  ke depannya tidak menjadi temuan lagi pada pemeriksaan LKPD tahun 2019. Setelahnya, ritme penyerapan anggaran kembali ke kondisi normal lagi," kuncinya. (don/jul)

Kirim Komentar