22 Jul 2019 09:59

SOP Izin Dinas Luar Negeri Diubah

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Keluarnya surat pemberitahuan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas Ke Luar Negeri bagi Kepala Daerah diharapkan diikuti perbaikan sistem. Mengingat batas waktu pengajuan izin dipangkas dari 14 hari menjadi 10 hari jelang keberangkatan.

 

Pengamat anggaran dan kebijakan publik, Yenny Sucipto mengatakan, aturan teknis mengenai pengajuan dari 14 hari menjdi 10 hari kerja sebelum keberangkatan ke LN sah-sah. Namun ada catatan yang harus diperhatikan, yaitu bangunan sistem administrasinya.

"Apakah sudah sudah terbangun atau sudah dipersiapkan sebelumnya, karena kerumitan administrasi juga harus dipertimbangkan," ujarnya dilansir dari Jawa Pos.

Pasalnya, lanjut dia, perlu ada koordinasi yang terbangun antara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, dan Direktorat keamanan kemenlu mengenai urusan diplomatiknya. Sehingga waktu yang hanya 10 hari benar-benar bisa menuntaskan kebutuhan administrasi.

"Sehingga SOP yang telah dibuat akan bisa efektif berjalan nantinya dalam prakteknya," imbuhnya. Jika tidak berjalan efektif, dia khawatir akan menghambat perjalanan dinas Kepala Daerah, terlebih jika ada agenda yang krusial.

Sebelumnya, SOP baru Pengajuan Permohonan Izin Perjalanan Dinas Ke Luar Negeri bagi Kepala Daerah dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

12
Kirim Komentar