20 Jul 2019 11:54

Warga Berharap E2L-Parapaga Segera Dilantik, Ini Jawaban Pemprov

MyPassion
Jemmy Kumendong

MANADO—Masyarakat Kepulauan Talaud antusias menyambut pelantikan bupati dan wakil bupati. Dijadwalkan 22 Juli 2019, karena periode Bupati Sri Wahyumi Manalip dan Wabup Petrus Tuange berakhir 21 Juli, esok.

 

Seperti disampaikan warga Talaud Engel Tatibi. “Diharapkan pelantikan sesuai jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Setelah berakhirnya periode sebelumnya,” kata Tatibi.

Dia menambahkan, sesegera mungkin SK pelantikan Elly E Lasut (E2L) dan Moktar Parapaga, dari Kemendagri turun. “Agar segera dilaksanakan pelantikan,” tandasnya.

Di sisi lain, Pemprov Sulut melalui Kepala Biro Pemerintahan Jemmy Kumendong saat dikonfirmasi tadi malam mengatakan, sampai saat ini informasi dan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal pelantikan bupati terpilih belum turun.

“Kami sementara menunggu informasi lanjutan dari Kemendagri untuk pelantikan tersebut. Jadi untuk Talaud, sampai saat ini masih menunggu dari Mendagri. Belum ada berita lanjutan juga sampai sekarang,” katanya sembari menambahkan, pelantikan bupati terpilih pada 22 Juli mendatang, belum akan dilaksanakan.

“Yang akan menjabat sebagai Bupati Talaud adalah Sekretaris kabupaten dengan status Pelaksanaan tugas harian (Plh). Karena tidak boleh ada kekosongan," singkatnya.

Di sisi lain, pengamat pemerintahan Dr Stefanus Sampe mengatakan, pelantikan bupati terpilih di Talaud jika tidak menghadapi kendala berarti, maka harusnya sudah dilakukan pelantikan.

Mengingat demi kelancaran roda pemerintahan, yang saat ini masih dipegang bukan bupati definitif. "Kehadiran bupati definitif tentu sangat diperlukan terutama dalam hal pengambilan kebijakan khusus," tandasnya.(tr-02/gel)

Kirim Komentar