19 Jul 2019 09:45

Tahun Ini, Sampah Jadi Listrik

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Kebutuhan listrik di daerah saat ini masih menjadi prioritas. Pengembangan listrik dari berbagai negeri terbarukan terus menjadi fokus pemerintah.

 

Tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) bakal mewujudkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah Sulut Steve Kepel, membenarkan hal tersebut, Kamis (18/7).

Menurutnya, PLTSa bakal direalisasikan tahun ini dan menjadi prioritas pemerintah pusat untuk dibantu. Persiapan di daerah, menurut Kepel, sudah mulai berlangsung untuk mewujudkan hal tersebut.

"PLTSa ini bakal segera terwujud. Persiapan di daerah seperti pemanfaatan lahan pembangunan, di tingkat provinsi sudah disetujui. Tinggal menunggu diskresi dari menteri. Karena proses revisi tata ruang sementara berjalan. Artinya kita sudah mempercepat proses, dan menunggu diskresi. Yang pasti pekan depan sudah tuntas," ungkapnya.

Selain itu, Kepel mengatakan, akses penunjang seperti jalan sudah mulai running. Alokasi di tahap pertama tahun anggaran 2018 sudah tuntas. Dan saat ini sementara berjalan pekerjaan jalan untuk tahun anggaran 2019 dengan alokasi sekitar Rp 4 miliar.

Persiapan air tanah di lokasi tersebut juga, menurut Kepel, sedang berjalan. Untuk anggaran juga, menurutnya, dibagi antara Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan APBN.

12
Kirim Komentar