19 Jul 2019 10:35

Pengaruhi Perputaran Ekonomi, 366 Ribu Wisatawan Pelisiran Ke Boltim

MyPassion
Ilus.(dok Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memiliki banyak tempat wisata. (Lihat grafis,red).  Hal inilah yang membuat Boltim banyak dikunjungi para wisatawan.

 

Kepala Dinas Pariwisata Boltim Risky Lamaluta menuturkan, data yang diperoleh dari Bapeda Boltim selang lima tahun terakhir jumlah wisatawan nusantara (Wisnu) yang mengunjungi Boltim 363.720 orang. Sementara untuk Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebanyak  3.099 orang. “Total semua 366 ribu  wisatawan,” ujarnya, ketika ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut dia, setiap hari banyak wisatawan yang datang ke Boltim. Baik domestik ataupun internasional. Sehingga pihaknya terus mengoptimalkan tempat-tempat wisata yang ada di Boltim. "Jumlah wisatawan sangat banyak. Bahkan setiap hari banyak turis-turis yang datang di beberapa tempat wisata yang ada. Mulai dari Danau Mooat, Pulau Nanas, dan tempat lainnya," kata Lamaluta.

Dia membeber, saat ini Boltim memiliki lebih dari 60 tempat wisata yang terus digenjot. "Tempat wisata di Boltim banyak. Semua akan dimaksimalkan. Karena kemajuan pariwisata juga bisa memberikan dampak yang baik untuk daerah," ujarnya.

Dia meminta dukungan dari semua masyarakat Boltim untuk terus menjaga mencintai tempat wisata yang telah ada. "Peran masyarakat pun perlu. Karena percuma saja pemerintah bekerja dan membuat tempat pariwisata yang bagus, tapi masyarakat tidak mau menjaganya. Oleh karena itu, masyarakat harus bersama-sama dengan pemerintah untuk memperkenalkan, mencintai dan menjaga tempat wisata yang ada," pintanya.

Menanggapi hal ini, Ekonom Sulut DR Robert Winerungan menekankan kunjungan wisatawan yang banyak seharusnya berdampak positif untuk daerah.  Dari segi ekonomi hal tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat daerah untuk medagangkan hansil karya yang menjadi ciri khasnya. “Perputaran ekonomi pun akan semakin membaik,” ujarnya.

Namun, akademsi Unima tersebut mengatakan peran pemerintah sangatlah penting. Tidak hanya mempromosikan tempat wisata yang ada, namun harus mampu membuat para wisatawan tersebut tinggal berlama-lama di Boltim. "Jika wisatawan akan tinggal, maka pasti perputaran ekonomi akan ikut dirasakan. Bisnis penginapan, makanan, transportasi pasti akan ikut bergerak," katanya.

Dunia kepariwisataan, lanjutnya adalah salah satu hal yang penting untuk dibenahi. Tidak hanya dari segi pembangunan dan penataan tapi juga konsep hiburan atau atraksi yang akan memikat para wisatawan. "Jumlah 336 ribu itu adalah jumlah yang cukup besar. Apalagi untuk daerah yang baru seperti Boltim. Multiplier effect harus nyata terlihat," tandasnya.(tr-01/ite)

Berikut Daftar Jumlah Kunjungan Wisatawan di Boltim:

Tahun.       Wisnu.               Wisman
2012          27.819                  240
2013          32.531                  325
2014          33.110                  391
2015          36.208                  411
2016          82.108                  767
2017         151.944                 965
Total         363.720                3.099
Jumlah Keseluruhan        366. 819

Objek Wisata:
Gunung Ambang
Danau Mooat
Air Terjun Matabulu
Tanjung Woka
Pulau Nanas
Tanjung Silar
Vila Mooat
Cafe Strauberry    
Sumber: Bappeda Boltim, Juli 2019.

Kirim Komentar