19 Jul 2019 10:11

Pemprov Jateng Timbah Ilmu di Bitung

MyPassion
Sekkot Bitung Audy Pangemanan (kiri) bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen di BPU Kantor Wali Kota Bitung, kemarin.(Humas Pemkot)

MANADOPOSTONLINE.COM—Keberhasilan Pemkot Bitung dalam program ‘Tali Kasih’ mendapat perhatian daerah lain. Salah satunya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Pemprov Jateng pun datang khusus ke Bitung untuk studi banding terkait program tersebut. Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Dr Audy Pangemanan, menyambut kunjungan studi banding Pemprov Jateng di Balai Pertemuan Umum (BPU), Kantor Wali Kota Bitung, Kamis (18/7) siang.

 

Dalam sambutannya, Pangemanan mengucapkan selamat datang kepada rombongan studi banding yang dipimpin Wakil Gubernur Pemprov Jateng H. Taj Yasin Maimoen.

“Kami berterima kasih juga kepada jajaran Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah karena telah memilih Kota Bitung sebagai lokasi studi banding terkait program Tali Kasih," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pangemanan juga menjelaskan terkait program ‘Tali Kasih’ yang mendapat apresiasi pemerintah pusat. Menurutnya, program tersebut dijalankan atas komitmen bersama untuk membantu serta melindungi pekerja di sektor informal. “Sehingga mereka tidak diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan karena telah ditanggung oleh pejabat dan PNS Pemkot Bitung. Pembayaran iuran itu diambil dari tambahan penghasilan pegawai. Ini berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 69 Tahun 2018 dan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Program ini juga merupakan program pemerintah daerah pertama di Sulawesi Utara, bahkan di Indonesia,” jelasnya.

Pangemanan berharap, kunjungan studi banding ini menjadi media stretegis untuk saling berbagi informasi. “Serta saling memberi masukan dan lebih memantapkan langkah dalam memaksimalkan terselenggaranya layanan jaminan sosial sebagaimana yang kita harapkan bersama,’ katanya.

Lanjutnya, program Tali Kasih ini juga untuk meningkatkan rasa persaudaraan. “Serta dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Indonesia, untuk dapat dilaksanakan dan diviralkan, sehingga dapat membuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa ke depan akan semakin erat lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen mengatakan, program Tali Kasih adalah sebuah inspirasi serta menjadi bahan pembelajaran untuk pihaknya. “Sehingga manfaatnya tidak hanya bersifat sementara tetapi bisa dirasakan langsung oleh para penerima bantuan Tali Kasih yang ada di Provinsi Jawa Tengah Tengah," tandasnya.

Turut hadir, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah Wika Bintang, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng DIY Moh Triyono, KCP BPJS Ketenagakerjaan Bitung Widi Astri Aprilia Nia, dan PPS BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado Hamyuliawati Hamza.(ctr-61/can)

Kirim Komentar