19 Jul 2019 19:23

Bertahun-tahun Limbah Ikan Asap ‘Ganggu’ Warga, DLH: Nanti Dicek

MyPassion
Saluran air di Lorong Bakasang yang mengeluarkan bau busuk, Jumat (19/7). (Andre/MPO)

BITUNG—Warga Lorong Bakasang, Lingkungan 2, Kelurahan Girian Bawah, Kecamatan Girian, mengeluhkan bau tak sedap yang berasal dari saluran pembuangan di wilayah itu. Bau busuk itu diduga berasal dari limbah usaha ikan asap yang dibuang ke selokan.

Menurut warga yang tak ingin namanya dipublikasikan, sudah bertahun-tahun selokan ini mengeluarkan bau busuk. "Sudah 10 tahun saya tinggal di sini. Memang sudah seperti itu (bau busuk, red)," katanya, Jumat (19/7).

Keluhnya, bila cuaca sedang panas, bau dari selokan sangat menyengat. “Waktu lalu, saluran air PAM kami pernah bocor, yang mengakibatkan air Pam tercampur dengan air selokan. Air PAM-nya sampai bercacing," ungkapnya.

Pihaknya sudah pernah buat pengaduan ke kelurahan serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH). "Pernah ada penyuluhan. Pertama mereka (pelaku usaha ikan fufu, red) bikin bagus, habis itu lama kelamaan hingga sekarang selokan kembali mengeluarkan bau, terlebih bila cuaca sedang panas. Harapan kami kepada pemerintah, agar segera diperbaiki," harapnya.

Kadis DLH Sadat Minabari saat dikonfirmasi menyatakan belum pernah ada laporan keluhan masyarakat. "Nanti akan dicek," singkatnya.(ctr-62)

Kirim Komentar