18 Jul 2019 13:14
Sempat Ricuh Akibat Pedagang Melawan

PKL di Shopping Center Ditertibkan

MyPassion
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Manado lakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar maupun bahu jalan area Shopping Center.(dok Satpol-PP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di trotoar maupun bahu jalan terus dilakukan. Rabu (17/7) kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Manado menertibkan area Shopping Center.

 

Pantauan Manado Post, penertiban tersebut tidak berjalan mulus. Karena PKL yang merasa lahan pencarian mereka terganggu melakukan perlawanan. Sehingga sempat terjadi kericuhan dengan PKL dan petugas PD Pasar. Hal tersebut tidak membuat ratusan personel yang di-back up personel TNI AD gentar. Mereka tetap melakukan penertiban sampai area tersebut menjadi bersih.

 

Kepala Satpol-PP Tety Taramen mengatakan, sebelum penertiban pihaknya sudah mengingatkan pedagang pekan lalu. Agar tidak ada lagi menggunakan trotoar dan bahu jalan untuk berjualan. "Saya sudah ingatkan pada para PKL. Saya memberi kesempatan sampai Senin (15/7) agar tidak lagi berjualan di area fasilitas umum. Namun sampai hari ini (kemarin, red) masih ada yang berjualan. Jadi sesuai dengan aturan kami tertibkan," tegasnya.

Menanggapi adanya protes dari petugas PD Pasar saat penertiban di area Shopping Center, Taramen menyampaikan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dirut PD Pasar. "Seminggu yang lalu saya sudah koordinasi dengan Dirut PD Pasar di kantor mereka dan sudah ada kesepakatan bersama," jelasnya.

Sementara itu, Dirut PD Pasar Stenly Suwuh saat dikonfirmasi terkait insiden tersebut mengatakan, harusnya ada pemberitahuan dari pihak Satpol-PP saat penertiban. Karena area Shopping Center merupakan wewenang PD Pasar. "Wilayah ini kewenangan PD Pasar. Bukan domainnya Pol-PP. Mestinya ada koordinasi terlebih dahulu. Awalnya saya sudah sampaikan. Nanti pihak pasar yang melakukan penertiban," pungkasnya. Dari pantauan Manado Post, wilayah Pasar 45 terlihat mulai rapi. Karena bersih dari PKL, sejak dilakukan penertiban seminggu belakangan ini.(ite/gel)

Kirim Komentar