18 Jul 2019 13:52
Dorong Transformasi Perekonomian ke Modern

Kontribusi Perikanan dan Pertanian Minim

MyPassion
Suasana Co-Class yang menghadirkan pembicara Ketua Yayasan United In Diversity (UID) Marie Pangestu.(Sriwani/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Selama sepekan menggelar Co-Class di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ketua Yayasan United In Diversity (UID) Marie Pangestu turut memantau perkembangan perekonomian.

 

Dalam salah satu sesi Co-Class di ruang serba guna rumah jabatan bupati, mantan Menteri Perdagangan RI itu memberikan penilaian struktur perekonomian Sangihe belum bertransformasi ke modern. Atau masih bergantung pada pemerintah. “Ini juga disebabkan kontribusi perikanan dan pertanian terhadap perekonomian masih minim. Di bawah 30 persen,” bebernya.

Data ini, kata Pangestu, diambil dari buku profil Sangihe. “Dari beberapa angka yang saya ambil, struktur perekonomian Sangihe bergantung pemerintah. Jadi belum bertransformasi ke modern,” ungkap Pangestu.

Meski begitu, dia mengakui struktur perekonomian Sangihe cukup komprehensif. Kendati di sisi lain juga industri pengolahan masih kecil sekali. Diharapkan ada sumbangsih signifikan dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif, termasuk perikanan.

Diketahui Co-Class berlangsung sepekan. Turut menghadirkan narasumber dari beberapa kementerian. Pelaksanaannya tidak hanya terfokus di Tahuna. Para peserta datang dari berbagai latar belakang ilmu pengetahuan. Termasuk Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana ME. "Pak Bupati juga ikut Co-Class. Ini sangat penting bagi pimpinan daerah. Sebab nanti banyak masukan. Agar tidak banyak bergantung pada laporan dan informasi staf,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah Sangihe Herry Wolf ST.(wan/gel)

Kirim Komentar