17 Jul 2019 09:32

Usulan Formasi CPNS Tuntas, Sulut Cs Tunggu Juknis

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Waktu untuk daftar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) makin dekat. Peminat posisi abdi negara di Sulawesi Utara harus belajar ekstra keras. Persaingan makin ketat.

 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan seluruh instansi di daerah sudah mengajukan formasi pegawai mereka untuk tes CPNS tahun ini. Proses sempat terhambat karena cukup banyak daerah yang tak mengajukan formasi.

Akibatnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengedarkan surat perpanjangan waktu bagi instansi untuk mengajukan formasi dan analisis jabatan hingga Jumat 12 Juli lalu.

“Nah mengapa diberi kesempatan lagi? Karena ternyata sampai batasan akhir usulan bulan Juni itu masih ada 30 persenan, kira-kira, instansi pusat dan daerah yang belum melakukan pengajuan formasi. Dengan surat ini maka, jika sampai Jumat kemarin tidak melakukan pengisian usulan kebutuhan ASN maka dianggap tidak melaksanakan (penerimaan ASN),” ujar Kepala Biro Humas BKN M Ridwan,

Menurut Ridwan, banyaknya daerah yang tidak mengajukan formasi CPNS karena ada prioritas lain atau kecukupan anggaran, seperti karena 50 persen APBD sudah untuk gaji ASN. Pihak BKN sendiri belum mendapatkan data mengenai berapa daerah yang mengajukan formasi CPNS. Sebelumnya diperkirakan ada 207.748 formasi untuk pemerintah daerah.

Rinciannya adalah CPNS untuk umum sebanyak 62.249 formasi dan sekolah kedinasan 75 formasi. Lalu ada PPPK dan honorer sebanyak 143.424 formasi.

Sementara, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menyebut kementeriannya masih melakukan pendataan jumlah formasi. "Saat ini data sedang direkap lagi setelah perpanjangan masa pengusulan," ucap Mudzakir.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran menerangkan, rincian jumlah dan jenis jabatan untuk formasi masing-masing instansi pusat dan daerah saat ini belum ditetapkan.

Demikian juga kebijakan teknisnya yang sampai saat ini masih belum ditetapkan BKN pusat serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). Namun sembari menunggu penetapan tersebut, pihaknya sudah mematangkan sistem di daerah kerja Sulut.

123
Kirim Komentar