16 Jul 2019 13:16

Pangemanan: Gereja Megah Bukan Tolak Ukur

MyPassion
Sekkot Bitung Audy Pangemanan saat peletakan batu pertama jalan paving Kelurahan Posokan dan saluran air Kelurahan Kareko di Kecamatan Lembeh Utara, Minggu (14/7) siang.(Humas Pemkot Bitung)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Dr Audy Pangemanan menghadiri Ibadah Syukur HUT ke-37 Jemaat GMIM Eben Haezer Posokan, sekaligus meletakkan batu pertama pembuatan jalan paving Kelurahan Posokan dan saluran air Kelurahan Kareko di Kecamatan Lembeh Utara (Lembut), Minggu (14/7) siang.

 

Pada kesempatan itu, Pangemanan mengatakan, perayaan ke-37 tahun Jemaat Eben Haezer Posokan sudah membuktikan bahwa gereja tetap bertahan dalam misinya. Bahkan semakin maju menanamkan dan menebarkan nilai-nilai kebenaran.

"Tentu berbagai tantangan sering dihadapi dalam kehidupan berjemaat. Namun atas anugerah dan penyertaan Tuhan maka semuanya boleh terlewati dan jemaat dapat merasakan sukacita iman di perayaan HUT saat ini," tutur Pangemanan.

Lanjutnya, bangunan gereja yang megah, banyaknya jumlah jemaat, dan pemberian persembahan, bukan tolak ukur berkembangnya suatu jemaat. Akan tetapi dinilai dari kualitas iman dan karakter dari jemaat yang ada di dalamnya, yang hidup rukun dan penuh kasih.

"Serta mampu membawa harmonisasi kehidupan  persekutuan gereja dalam aplikasi kehidupan bermasyarakat yang saling menghormati dan memiliki sikap toleran dalam berbagai perbedaan serta terus bersinergi untuk menunjang pembangunan bangsa," tandasnya.

Pangemanan juga mengingatkan, sehubungan dengan peran gereja untuk mendukung pembangunan Bitung, maka sangat dibutuhkan peran serta masyarakat untuk bekerja bersama. "Untuk mewujudkan berbagai program pemerintah yang nantinya akan segera direalisasikan, sebagaimana yang sudah digagas oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya di kota tercinta ini," jelasnya.

Pangemanan pun berharap, jemaat GMIM Eben Haezer Posokan di usia yang semakin dewasa ini, tetap terus bergandengan tangan, saling menguatkan. “Hidup baku-baku bae, baku-baku sayang agar pelayanan dan persekutuan yang beriman ini tidak hanya menguatkan hubungan pribadi kepada Tuhan, tetapi juga secara horizontal memperkuat hamonisasi di antara seluruh komponen jemaat,” katanya.

Turut hadir di antaranya Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt Petra Rembang MTh, Sekretaris Wilayah Pdt Ireine Mandak-Zekeon MTh sebagai perwakilan BPMW Bitung VI, dan Ketua BPMJ Eben Haezer Posokan Pdt William Evan Sumihe STeol.(ctr-61/can)

Kirim Komentar