16 Jul 2019 12:00

Lahan Mulai Disiapkan, PNS Segera Miliki Rumah Murah

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dalam waktu dekat bakal menyiapkan rumah murah untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal ini dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut Ricky Toemanduk. Menurutnya, sekarang proses administrasi dan lahan sudah mulai disiapkan. Tahun ini, dirinya menargetkan bisa terealisasi.

"Sekarang proses administrasi tidak ada masalah. Kita mulai menyiapkan lahan. Jika sudah tuntas 100 persen, dalam waktu dekat kita realisasikan. Yang pasti, rumah murah bagi PNS ini kita sudah siapkan. Memang kita sudah rencanakan untuk rumah murah bagi PNS ini dari waktu-waktu yang lalu," ungkapnya, Senin (15/7).

Toemanduk juga mengatakan, untuk lahan yang bakal dipakai belum diketahui di daerah mana. Yang jelas, menurutnya, akan dibangun di tanah yang menjadi aset pemprov. Lanjutnya, rumah bagi PNS ini akan murah, namun tidak 0 persen.

"Jadi memang ini bukan 0 persen. Karena kan PNS kita sudah ada potongan dari gaji, untuk rumah. Dan kemungkinan akan kita ambil dari potongan tersebut. Memang rumah yang sedang kita rencanakan ini harganya murah dan khusus untuk PNS," bebernya.

Tambahnya, pemprov nantinya akan menggandeng pihak swasta untuk menjadi pelaksana dalam pembangunan rumah murah ini. Tegasnya juga, walaupun murah namun tetap mengedepankan kualitas dari bangunan tersebut.

Pengamat pemerintahan Dr Ronny Gosal mengatakan, program ini harus benar dikaji dengan baik. Karena sebutnya, pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya menyamaratakan kesejahteraan.

Apalagi masih ada masyarakat ekonomi menengah ke bawah yang belum ada rumah. Jadi sebutnya, harus ada kajian mendalam.

"Pemerintah memang harus memenuhi hak dari PNS. Pengabdian kepada negara menjadi alasan utama. Namun yang bahaya, ketika PNS hanya menjadikan rumah ini sebagai target investasi. Sehingga nantinya bisa dijual dengan harga tinggi. Sedangkan ada masyarakat yang masih belum memiliki rumah. Ketimpangan sosial hanya akan menjadi-jadi. Program pemerintah pusat soal kesenjangan sosial juga tidak akan berguna," jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, rumah bagi PNS memang sangat penting di tengah tuntutan hidup yang semakin besar. Apalagi dengan jabatan di bawah, menurut Gosal, akan sangat memberatkan bagi PNS yang mengimpikan rumah sendiri. Namun tetap harus dalam pengkajian yang dalam. Jelasnya, pemerintah harus melibatkan para ahli dalam menyusun program tersebut. (tr-02/can)

Kirim Komentar