16 Jul 2019 12:50

Drainase di Manado Makin Sempit, Ini Penyebabnya

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Persoalan banjir di Kota Manado menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Pemerintah Kota Manado. Hasil mapping pemerintah, drainase kian hari makin sempit.

 

Masyarakat disebut menyerobot drainase. Diubah menjadi pekarangan, rumah, dapur, dan pagar. Hal ini mendapat perhatian. Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan, dukungan masyarakat dibutuhkan. Untuk menuntaskan PR pemerintah mengatasi banjir. Karena ada tempat-tempat tertentu menjadi kelebihan air.

Seperti Perkamil dan tempat-tempat lain. “Tugas dari pemerintah kota yaitu pembenahan drainase kota, agar tidak ada lagi kejadian wilayah kelebihan air (banjir) karena hujan,” ujarnya, di sela sidang paripurna HUT ke-396 Kota Manado, di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, kemarin.

Dia melanjutkan, alih fungsi drainase harus dicarikan solusi. “Risiko banjir akan membahayakan kota ini. Karena itu dibutuhkan dukungan masyarakat dan wakil rakyat untuk mengatasi ini,” ujarnya.

Lumentut meminta bantuan pemerintah provinsi membantu Kota Manado di bagian hilir. Agar dapat mengkoordinasikan dengan pemerintah di bagian hulu supaya duduk satu meja membahas penanganan  banjir. “Ini butuh kerja sama,” ujarnya, seraya berharap tidak ada lagi banjir seperti yang terjadi tahun 2014.

Terpisah, Sekretaris Komisi D DPRD Kota Manado Sonny Lela sangat mendukung program pemerintah untuk penanganan banjir di Kota Manado. Karena banjir persoalan yang menghantui warga ketika musim hujan.

“Kami berharap pemerintah dapat memperbaiki drainase yang tersumbat. Sebab banjir genangan yang terjadi Kota Manado karena drainase yang buruk. Tersumbat sampah,” katanya.

Dia juga meminta, pemerintah membuat drainase agar memperhatikan aliran pembuangan air. Harus ada kemiringan agar air bisa mengalir lancar. Sebelumnya Kepala Dinas PUPR Kota Manado Bart Assa menambahkan, untuk tahun ada anggaran untuk pembangunan drainase di Kota Manado. “Soal jumlahnya saya tidak hafal. Tetapi anggarannya ada untuk perbaikan drainase,” pungkasnya. (ite/gel)

Kirim Komentar