15 Jul 2019 13:47
Gratis, Bisa Handle Sampai Pulau Lembeh

Reaksi Cepat #119 Siaga 1x24 Jam

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Warga Bitung yang butuh bantuan darurat kesehatan tidak perlu khawatir lagi. Saat ini Pemkot Bitung sudah memiliki ‘pasukan’ reaksi cepat lewat program Reaksi Cepat #119. Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Dr Audy Pangemanan membenarkan hal itu.

 

Jadi, menurutnya, jika ada kejadian darurat kesehatan, warga tinggal menghubungi nomor 0438 31910. “Nanti petugas PSC 119 beserta kendaraan ambulance akan segera ke rumah Anda dengan perlengkapan medis untuk memberikan pertolongan pertama. Termasuk mengantarkan langsung ke fasilitas kesehatan terdekat,” ujar Pangemanan kepada Manado Post, Minggu (14/7) kemarin.

Lanjut Pangemanan, namanya #119 karena ke depan Pemkot Bitung akan menggunakan nomor darurat 119. “Tapi daripada menunggu lama, kita mulai saja dengan nomor telpon lokal 0438 31910. Sudah banyak masyarakat juga yang menggunakan fasilitas ini,” katanya.

Tambah Pangemanan, program ini sebenarnya sudah berlaku sejak awal Mei dan sudah di-launching awal Juni lalu. Program Reaksi Cepat #119 ini juga menyasar hingga di dua kecamatan di Pulau Lembeh. “Termasuk juga dengan dua kecamatan di Lembeh. Karena di Lembeh sekarang juga ada dua puskesmas yang bagus,” jelasnya.

Jadi ketika ada yang butuh bantuan hingga di Lembeh, katanya, dari pusat data bisa 'perintah' untuk handle. “Saat ini juga sudah terjangkau, karena jalan lingkar Lembeh ada,” pungkasnya.

Sementara itu, Anita, warga Sagerat, Kecamatan Mautari, mengaku sangat bersyukur dengan program Reaksi Cepat #119 Pemkot Bitung ini. “Program ini yang kami tunggu. Karena pengalaman, biasanya kami kesulitan jika ada keluarga sakit darurat. Apalagi saat tengah malam. Dengan adanya program ini, tinggal hubunggi 0438 31910, petugas medis langsung datang dengan ambulance. Terima kasih Pak Wali,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban SE MSi mengatakan, program ini sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk layanan kesehatan warga.

“Selain petugas memberikan pertolongan pertama dan mengantarkannya ke fasilitas kesehatan terdekat, layanan ini juga dibuka 1x24 jam. Dan gratis, atau tidak dipungut bayaran,” katanya.(ctr-61/can)

Kirim Komentar