15 Jul 2019 13:04

Pembangunan Tak Sesuai Izin, Resort Terbaik Dunia Disegel

MyPassion
Tim terpadu Pemerintah Kota Manado melakukan penyegelan resort di Pulau Siladen dan Bunaken.(Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tim terpadu Pemerintah Kota Manado kembali melakukan penyegelan resort yang tidak sesuai perizinan. Kali ini menyegel Siladen Resort and Spa, yang pernah menjadi resort terbaik dunia versi Dive Magazine.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Manado melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Kebijakan DPM-PTSP Steven Runtuwene mengatakan, penyegelan sebagian bangunan di Siladen Resort and Spa karena ada yang tidak memiliki izin. “Memang Siladen Resort and Spa memiliki izin. Tapi sebagian bangunan tambahan resort tidak memiliki izin,” ujarnya.

Menurut dia, tim terpadu memberikan peringatan kepada pihak pengelola untuk segera mengurus izin bangunan tambahan. Jika sampai batas ditentukan tidak mengurus izin pihaknya bisa mengeluarkan surat rekomendasi untuk pembongkaran.

“Ini baru peringatan pertama diberikan. Jika sampai peringatan ketiga tidak juga mengurus izin, bangunan tidak berizin terancam dibongkar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, selain Silanden Resort pihaknya menyegel pembangunan resort di Pulau Bunaken. Karena menyalahi garis sipadan pantai dan tidak memiliki izin mendirikan bangunan. “Jadi kami hentikan pembangunannya karena tidak sesuai peruntukan dan tidak memiliki izinnya,” ujarnya.

Dia meminta pengusaha yang berinvestasi di Kota Manado mengikuti segala peraturan. “Kami dalam penindakan tidak tembang pilih. Kalau tidak berizin kami segel. Ini dilakukan agar semua tertib. Kalau mau berusaha di Kota Manado harus mengurus semua dokumen perizinan,” pintanya.

Sebelumnya, Kepala DPM-PSTS Jimmy Rotinsulu meminta, pelaku usaha datang sendiri untuk mengurus izin tidak melalui pihak ketiga. “Karena pengurusan izin usaha di DPM-PTSP tidak dipungut biaya. Kecuali IMB, izin trayek dan minuman alkohol yang dikenakan retribusi. Di luar itu tidak dikenakan biaya,” pungkasnya. (ite/gel)

Kirim Komentar