15 Jul 2019 09:13

Pembangunan Digenjot, 2025 Sambut Manado Kota Baru

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Ibu Kota Sulut, Manado, Minggu 14 Juli kemarin berusia 396 tahun. Tak dapat dimungkiri dari ke waktu ke waktu, pertumbuhan penduduk Manado begitu pesat. Lingkungan makin padat dan sesak. Gedung-gedung makin banyak berdiri.

 

Hal ini kemudian memunculkan dorongan untuk membentuk ‘kota baru’ di suatu wilayah yang lahannya cocok untuk pengembangan. Manado Kota Baru bakal dibangun kantor pemerintahan maupun swasta.

Kemudian pusat perbelanjaan, perumahan, infrastruktur jalan, dan semua fasilitas pendukung. Konsep Manado Kota Baru sendiri mendorong kepedulian lingkungan, menjadi smart city-smart growth, kompak dan aero city serta pusat pemerintahan.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut membenarkan, sekarang ini kondisi Kota Manado semakin sempit dengan banyaknya penduduk. Alasannya, ketika dirinya menjabat wali kota pada 2010, penduduk Kota Manado mencapai 400 ribuan jiwa. Namun hingga 2016, penduduk Kota Manado sudah lebih dari 500 ribu jiwa.

“Itu berarti dalam kurun waktu hampir lima tahun ini bertambah 100 ribu penduduk dan itu tidak sebanding dengan infrastruktur kota. Sehingga, ada pembicaraan dengan pak gubernur akan memindahkan layanan publik dalam satu kawasan,” jelasnya.

Menurut dia, untuk program kota baru pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian PUPR. “Kita ada 5.000 sampai 10.000 hektare tanah di daerah Mapanget. Untuk Kota Baru diharapkan segera berjalan. Begitu juga untuk pemindahan kantor wali kota juga benar akan dipindahkan di Manado Kota Baru, di kawasan Mapanget itu,” tandas wali kota.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Manado Dr Liny Tambajong mengatakan, ada 44 pengembang yang sementara membangun perumahan wilayah Mapanget. “Jalan juga sudah mulai dibangun Kementerian PUPR sebagai akses transportasi,” ungkap Tambajong.

Selain itu, kata Tambajong, di kota baru akan dibangun kantor wali kota, dinas/badan, gedung DPRD, dan perumahan PNS. Selain itu, pemerintah juga akan membangun akses transportasi, jaringan air bersih dan listrik.

123
Kirim Komentar