15 Jul 2019 14:00

Keterangan Bawaslu Penentu Putusan MK, Caleg Dapil 3 dan 4 Minut Terancam

MyPassion
Komisioner Bawaslu dan KPU Sulut saat mengikuti sidang pendahuluan di MK, Rabu (10/7).(Rianthy/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penetapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Utara (Minut) khusus untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3 dan 4 bisa berubah. Pasca gugatan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah diterima Mahkama Konstitusi (MK) dan sudah dilanjutkan ke tahap persidangan.

Dalam Sidang Pendahuluan, Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Rabu (10/7), Majelis Hakim MK yang dipimpin I Dewa Gede Palguna bersama Suhartoyo dan Wahiduddin Adams, menerima gugatan PAN dan PSI serta telah disahkannya alat bukti yang dimasukkan.

Dikatakan Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail SH, gugatan PAN dan PSI telah masuk pada sidang pendahuluan.

"Sidang akan dilanjutkan Selasa (16/7) (besok, red)," katanya.

Tetapi Bawaslu sebagai pemberi keterangan telah memasukkan jawaban ke MK akhir pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut Meidy Tinangon mengatakan, sidang akan dilanjutkan Selasa (16/7), dengan agenda jawaban termohon, pihak terkait dan keterangan Bawaslu, serta pengesahan alat bukti. "KPU sebagai pihak terkait telah mempersiapkan apa harus disampaikan dalam sidang. Berupa keterangan maupun bukti yang ada," pungkasnya.(ria)

Kirim Komentar