15 Jul 2019 09:43

Benahi Objek Wisata Kota Tua

MyPassion

SEBAGAI pusat kota suatu provinsi, masih banyak yang harus dibenahi di Manado. Pantauan Manado Post, persoalan yang perlu dituntaskan pemerintah daerah diantaranya; masalah banjir, makin banyaknya kendaraan yang membuat kemacetan, banjir sampah yang membuat Kota Manado belum lama ini mendapatkan predikat kota terkotor.

Persoalan-persoalan tersebut mendapat perhatian pemerintah daerah di bawah pimpinan Wali Kota GS Vicky Lumentut. Untuk memaksimalkan potensi pariwisata, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah agenda penting guna membenahi banyak persoalan. Diketahui, Manado memiliki Kota Tua Kawasan Kampung Cina dan Pelabuhan Manado.

Kepala Bapelitbang Kota Manado Liny Tambajong mengatakan Kota Tua ini bisa menjadi objek wisata menarik jika dirawat dengan baik. Seperti di Jakarta, Bandung dan di Singapura memiliki kota tua yang menjadi objek wisata.

Menurut dia, bangunan di Kota Tua tidak perlu dirubah arsitekturnya. Kalau perlu kita hanya perindah saja dengan mengecek kembali agar terlihat lebih menarik.

“Nilai sejarah di Kota Tua begitu besar, sehingga akan menarik wisatawan untuk mengunjungi Kota Tua untuk mencari tahu sejarah Kota Manado dengan penduduk yang hetorogen namun tetap hidup rukun damai,” pungkasnya.

Lanjut Tambajong, pemerintah saat ini juga merencanakan DAS Tandano yang bakal dibuat jalur bus air untuk menghindari kemacetan. Mulai dari Pasar Bersehati sampai Kairagi, begitu sebaliknya. “Proyek pembangunan DAS Tondano ada yang sudah dikerjakan. Tahap pertama pembangunannya 1,8 kilometer, dari target 6 kilometer. Tahap berikut akan menunggu pembebasan lahan,” katanya.(ite/gnr)

Kirim Komentar