15 Jul 2019 14:29

Awas, Cuaca Kurang Bersahabat

MyPassion
Angin kencang yang terjadi belakangan, sempat menumbangkan pohon di Kampung Apelawo.(Don/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Cuaca tidak bersahabat yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sitaro beberapa hari terakhir ini, wajib diwaspadai masyarakat. Tak hanya nelayan, namun warga yang bermukim di daerah rawan longsor juga harus sigap. Dikatakan Kepala BPBD Sitaro Ch. Bob Wuaten, pihaknya mengingatkan hujan disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini. wajib dibarengi dengan perhatian serius, utamanya imbauan dari seluruh perangkat kampung/kelurahan dan kecamatan.

“Koordinasi juga penting, jangan sampai ada yang putus komunikasi. Agar, penanganan dan antisipasi bisa cepat dilakukan,” kata Wuaten.

"Bahkan beberapa waktu lalu sempat terjadi angin puting beliung di Lepas Pantai Ondong, Kecamatan Siau Barat, yang untungnya tidak memasuki pemukiman. Sehingga hal-hal seperti ini harus terus diawasi oleh pemerintah setempat," tuturnya lagi.

Sementara itu Stenly Sumenda, Warga Kampung Apelawo mengatakan, memang di pertengahan tahun seperti ini, jadi momen musim pancaroba. "Meski begitu, ada efek negatif lainnya yang terjadi, di kampung kita telah mengalami masa kekeringan lumayan panjang. Kami harus jalan kaki ke bawah, atau di kampung tetangga untuk meminta air bersih. Ancaman dimpuluse (puting beliung) yang terjadi beberapa waktu lalu, membuat aktivitas kita terbatas," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar