12 Jul 2019 11:19

Wow! Ada 93 Ribu UKM Beroperasi di Minahasa

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM-- Kabupaten Minahasa memiliki 1.143 Koperasi dan sekitar 93 ribu lebih UKM yang aktif beroperasi dan tersebar di 25 Kecamatan.

 

Kabid Pemberdayaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Minahasa, V B Rumbajan mengatakan 1.143 itu hanya koperasi saja sedangkan UKM ada sekitar 93 ribu.

"Awalnya kami juga tidak percaya kalau UKM angkanya mencapai 93 ribu. Namun, berdasarkan data dari Dinas Pencatatan Sipil membenarkan ada 93 ribu pelaku usaha di Minahasa," ujarnya.

Koperasi dan UKM di Minahasa tidak dibantu dengan uang, tetapi Dinas Koperasi hanya melakukan pembinaan kepada setiap Koperasi maupun UKM.

" Kami di sini tidak terlalu memaksakan masyarakat untuk izin usaha, malahan kami mendorong dan memotivasi mereka untuk mencoba dan memulai, urusan izin usaha nanti setelah usaha sudah berjalan dengan baik kami akan bantu mengurusinya," tuturnya.

Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM Frini Sethaan menambahkan untuk Koperasi selalu diberikan pembinaan agar terap melakukan rapat tahunan.

" Fungsi kami hanya pembinaan sebab koperasi kan berdiri sendiri jadi tidak bisa di intervensi, dan kami juga bisa merekomendasikan koperasi ke pihak bank ketika mau melakukan kredit usaha mandiri itu pun jika diperlukan," singkatnya. (rei)

Kirim Komentar