12 Jul 2019 12:27
Akui Kesalahan PPK

Putusan Ajudikasi Bawaslu Minut Untungkan Pemohon di MK

MyPassion
Komisioner Bawaslu dan KPU Sulut saat mengikuti sidang pendahuluan di MK, Rabu (10/7).(Rianthy/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Putusan ajudikasi sengketa Pemilu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara (Minut) bakal menguntungkan pihak pemohon khususnya gugatan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasalnya, dalam putusan sidang ajudikasi sebelumnya, Bawaslu Minut memutuskan PPK Wori, Likupang Timur (Liktim) dan Likupang Barat (Likbar) bersalah karena melanggar tara cara prosedur saat Pemilu.

PAN sebagai pemohon, diuntungkan dengan putusan Bawaslu Minut dalam sidang ajudikasi sengketa Pemilu 2019, dimana Bawaslu Minut memutuskan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tiga kecamatan Dapil III dinyatakan bersalah karena melanggar tata cara prosedur.

"Keputusan Bawaslu ini menguntungkan kami dari segi pembuktian," ujar Ketua PAN Minut Edwin Rumimpunu, Kamis (11/7)

Dikatakan Rumimpunu, PAN sangat siap menghadapi sidang penyampaian bukti pada 16 Juli pekan depan.

"Kami optimis bisa menang di MK. Karena gugatan sudah diterima dan dilanjutkan. Apalagi bukti-bukti yang kami masukkan sudah disahkan MK," tukas Rumimpunu.

Terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan keterangan bersama bukti yang ada untuk memberikan keterangan dalam sidang di MK nanti.

"Yang pasti jawaban Bawaslu menjadi salah satu penentu keputusan MK. Karena kami juga memberikan bukti yang ada," pungkasnya.(ria)

Kirim Komentar