12 Jul 2019 10:44

Pemkot Manado Bakal Bangun Tiga Rumah Sakit

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemkot Manado bahkan berencana membangun tiga rumah sakit. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Rumah Sakit Mulut dan Gigi, serta sedang dalam perencanaan Rumah Sakit Ibu dan Anak.

 

Hal ini mendapat dukungan dari masyarakat Manado. Seperti diungkapkan Fien Pangkey, warga Kelurahan Wenang Selatan, Lingkungan III. Menurutnya pembangunan rumah sakit daerah sangat diperlukan.

Karena dapat mempermudah masyarakat berobat. “Kami berharap lokasi rumah sakit mudah dijangkau. Tidak kesulitan transportasi," katanya, ketika ditemui Manado Post, kemarin.

Dia menambahkan, masyarakat akan sangat terbantu. Dengan hadirnya rumah sakit daerah. Pastikan fasilitasnya juga lengkap. “Ini akan sangat membantu masyarakat Kota Manado," ucapnya.

Terpisah, Diana Kalebos warga Kelurahan Titiwungen Utara, Lingkungan IV menuturkan, penting adanya pembangunan rumah sakit daerah.

"Kota Manado perlu membangun rumah sakit untuk menampung warga yang sakit. Selama ini rumah sakit di Manado milik swasta, pemerintah provinsi, dan pusat,” ujarnya.

Dia berharap, pemerintah dapat membangun RSUD Kota Manado. Kalau perlu fasilitasnya juga harus lengkap. “Karena kualitas dari rumah sakit juga bergantung fasilitas," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Ivan Sumenda Marthen menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) apa yang ditambah dalam Detail Engineering Design (DED).

“Kalau tidak ada halangan pihak PT SMI yang memberikan pinjaman akan datang 24 Juli meninjau lokasi dan mendengar presentasi DED terakhir,” ujarnya. 

Menurut dia, selesai DED, pihaknya akan melengkapi semua persyaratan untuk mengurus izin. “Dalam waktu dekat kami akan segera mengisi personel manajemen UPTD rumah sakit (RS). Nantinya bersama Dinas Kesehatan membantu pengurusan izin operasional RS dan membantu mengawasi pembangunan yang ada,” ujarnya.

Dia mengatakan, rencana lelang proyek pembangunan rumah sakit sebesar Rp 90 miliar kalau tidak ada halangan paling cepat  Agustus dan paling lambat September. “Desain gedung RSUD 8 lantai. Lokasinya di Kelurahan Tingkulu, antara Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Manado dan Rusunawa,” sebutnya.

RSUD Manado menggunakan sistem one stop service untuk membantu warga Manado. “Jadi RSUD Kota Manado satu-satunya di Sulut memiliki rumah duka atau persemayaman,” jelasnya.(ite/gel)

12
Kirim Komentar