12 Jul 2019 11:07

Lampu Mati, Dinas Perkim Salahkan Staf

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Lampu jalan di Kota Cakalang merupakan tanggung jawab Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat (Perkim) Bitung. Terkait lampu-lampu jalan yang padam di sepanjang jalan Yos Sudarso pusat kota waktu lalu, Kepala Dinas Perkim Bitung Hendri Sakul memberikan penjelasan.

 

Menurutnya, lampu di ruas jalan tersbut tidak dinyalakan hanya satu malam saja. "Saya sudah cek ke staf, hanya satu malam itu tidak dinyalakan. Karena untuk menghidupkan lampu-lampu itu harus secara manual," ujarnya, Kamis (11/7).

Dia mengatakan, lampu di sepanjang jalan Yos Sudarso dinyalakan secara manual karena kontaktor sering putus. "Dikarenakan beban di situ agak tinggi. Kita belum sempat membagi jalur-jalurnya," jelasnya.

Lanjutnya, lampu jalan yang tidak dinyalakan sesuai waktu itu merupakan kelalaian staf. "Itu kelalaian dari staf, jadi minta maaf. Karena, namanya manusia. Sebenarnya itu ada kontaktor dan timernya. Sehingga pada jam 6 pagi lampu itu mati dan jam 6 sore lampu itu menyala," sambungnya.

Tambah Sakul, pihaknya merencanakan untuk pengadaan kembali kontaktor agar mempermudah menyalakan lampu jalan.

"Akan diadakan kembali kontaktornya. Sebenarnya kontaktor-kontaktor itu bisa digunakan sampai bertahun-tahun. Tetapi karena beban di situ agak tinggi sehingga sering putus dan stok kita habis. Akan diusahakan dalam anggaran perubahan dan kalau memang belum bisa nanti tahun depan," tutupnya. (ctr-61/can)

Kirim Komentar