12 Jul 2019 12:35

Fasilitas Puskesmas Tak Representatif

MyPassion
Jopy Thungari

MANADOPOSTONLINE.COM—Selain masalah ketersediaan obat-obatan yang sempat dikeluhkan warga, fasilitas penunjang di puskesmas juga memprihatinkan. Karena sudah berusia lebih dari 10 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe Dr Jopy Thungari tak menepis hal itu. Menurut Thungari, khusus tempat tidur pasien dan fasilitas kesehatan lainnya di puskesmas bakal dilakukan pergantian. “Karena umurnya cukup lama dan tidak layak digunakan,” tukasnya.

Hanya saja rencana penggantian belum terealisasi. Akibat terganjal usulan di APBD belum terakomodir. “Kami masih menunggu realisasi anggaran yang kami usulkan,” kata Thungari.

Diakuinya, usulan ini dilakukan setiap tahun. Termasuk pengadaan mobil ambulans. “Kita tiap tahun sudah mengusulkan dana untuk ambulans. Mudah-mudahan usulan tahun ini baik di APBD maupun usulan pusat dapat diakomodir,” ungkapnya.

Demi maksimalnya pelayanan di masing-masing puskesmas, pihaknya, kata Thungari tidak hanya fokus dan berupaya menjamin ketersediaan mobil ambulans. Tapi  juga armada kesehatan antar pulau. “Kita berusaha agar seluruh ambulans di puskesmas yang sudah tidak layak diganti. Untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” pungkas Thungari. (wan/gel)

Kirim Komentar