12 Jul 2019 05:40

Caleg Terpilih Belum Aman

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Sejumlah calon legislatif (caleg) terpilih di beberapa daerah pemilihan (dapil) belum aman. Pasalnya, hingga saat ini Mahkamah Konstitusi (MK) terus melakukan persidangan atas gugatan partai politik dan calon. Diketahui ada 6 partai politik dalam Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilu di Sulawesi Utara (Sulut).

 

Berlanjutnya sidang PHPU saat ini, diprediksi bakal berpengaruh pada hasil penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Apabila MK memutuskan untuk melakukan pemilihan suara ulang (PSU) atau penghitungan/rekapitulasi kembali hasil perolehan suara.

 

Salah satu parpol penggugat yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) yang meminta untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Daerah Pemilihan III Minut yaitu Kecamatan Likupang Timur, Likupang Barat dan Wori.

PAN sebagai pemohon, diuntungkan dengan putusan Bawaslu Minut dalam sidang ajudikasi sengketa Pemilu 2019. Di mana Bawaslu Minut memutuskan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tiga kecamatan Dapil III dinyatakan bersalah karena melanggar tata cara prosedur. “Keputusan Bawaslu ini menguntungkan kami dari segi pembuktian," ujar Ketua PAN Minut Edwin Rumimpunu, Kamis (11/7).

Dikatakan Rumimpunu, PAN sangat siap menghadapi sidang penyampaian bukti Selasa, 16 Juli pekan depan. “Kami optimis menang di MK,” pungkas Rumimpunu.

Terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH saat dikonfirmasi usai sidang pendahuluan di MK mengatakan, pihaknya sudah siap memberikan keterangan atas gugatan dari parpol.

“Kami akan memberikan keterangan sesuai prosedur. Pastinya, semua keterangan kami berdasarkan bukti yang ada. Semua bukti sudah disiapkan,” tukasnya.(ria/gnr)

Kirim Komentar