11 Jul 2019 12:04

Wongkar Tinggal Cari Papan Dua, Nama-nama Ini Berpeluang

MyPassion

MANADOPOSTONLINE.COM—Bursa pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kian menarik. Setelah sebelumnya Ketua DPD PDI Perjuangan Olly Dondokambey membeberkan jika Franky Wongkar akan diusung sebagai calon bupati, siapa pendampingnya terus dinanti.

 

Sejumlah nama mulai mencuat. Yang punya peluang mendampingi Franky Wongkar. Datang dari berbagai kalangan. Birokrat dan politisi. Di antaranya Gammy Kawatu dan Ricky Toemanduk. Diketahui dua birokrat Pemprov Sulut ini adalah putra asli Minsel.

Saat ini Kawatu dipercayakan menjadi Kepala Badan Keuangan sementara Toemanduk, Kepala Bappeda. Baik Kawatu maupun Toemanduk sejak lama sudah muncul di jajaran kandidat calon wakil bupati. Khususnya di lingkup PDI Perjuangan.

Selanjutnya dua politisi muda, Juddy Moniaga dan Gerindra dan Billy Lombok dari Demokrat mulai disuarakan. Baik Moniaga maupun Lombok punya basis massa sendiri dan merupakan putra Minsel yang vokal di DPRD Provinsi Sulut. Adik incumbent Bupati Minsel Christiany Paruntu, Mikhaela Paruntu juga dinilai layak dampingi Wongkar.

Hanya saja ini tergantung kubu Golkar. Karena partai berlambang beringin tersebut bisa mengusung tanpa koalisi. Kemudian ada nama baru yang muncul. Yakni John Lapod. Diketahui Lapod merupakan putra, asli Pondang. Saat ini dipercayakan menjadi GM PT Pelindo IV Cabang Manado.

Lalu figur seperti apa yang punya peluang mendampingi Wongkar? Dikatakan Sekretaris PDI Perjuangan ini, partai berlambang banteng moncong putih itu punya mekanisme dalam penentuan calon.

“Semua diserahkan ke partai. Ada mekanisme dan tahapan untuk menentukan calon. Baik calon bupati maupun wakil bupati,” paparnya.

Terkait pernyataan Olly yang menyatakan dirinya sebagai calon Bupati Minsel, Wongkar berterimakasih. “Kita fokus dulu pada tahapan Kongres V. Setelah itu baru akan mulai pada penentuan calon,” tandasnya.(gel)

Kirim Komentar