11 Jul 2019 12:03

Masuk Dalam Program Strategis, Oktober Bandara Siau Siap Beroperasi

MyPassion
Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Evangelian Sasingen bersama suami, saat meninjau pembangunan Bandar Udara Siau.(istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM—Penyelesaian Bandara di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, masuk dalam program prioritas nasional. Hal tersebut diungkapkan Plt. Kadis Perhubungan Herry Lano. Ia mengatakan hal tersebut, sesuai dengan hasil pertemuan bersama Staf Kementerian Perhubungan, beberapa waktu lalu. "Jadi ada lima bandara yang menjadi prioritas dalam penyelesaiannya, satu diantaranya Bandara Siau," katanya ketika diwawancarai, Rabu (10/7) kemarin.

Ia menambahkan saat ini untuk fisik pengerjaan bandara telah mencapai 80%. "Kalau landasan pacu, sudah selesai dengan panjang 1.330 meter. Saat ini sementara dikerjakan talud, serta infrastruktur penunjang lainnya, yakni terminal penumpang," terangnya.

Disentil terkait alat navigasi serta menara kontrol, Lano mengatakan, memang belum dikerjakan. "Sebab dari koordinasi dengan Kemenhub, itu (alat navigasi) nanti menyesuaikan, karena baru satu pesawat yakni Wings Air yang direncanakan akan beroperasi dan sudah ada pembicaraan dengan maskapainya, sehingga Kemenhub menargetkan pada Oktober mendatang bandara sudah dapat diresmikan serta dioperasikan," tutupnya.

Terpisah, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen mengatakan, saat ini Pemkab juga sementara memenuhi permintaan dari Kemenhub, di mana akan ada penambahan panjang landasan pacu. "Sehingga ada pesawat yang lebih besar dapat turun di Bandara Sitaro. Pembebasan lahan saat ini untuk landasan pacu sudah mencapai 1.700 meter. Dimana 1.330 telah selesai dan kurang lebih 380 meter lainnya  telah dibebaskan, sehingga keseluruhan sudah mendekati permintaan dari pusat yakni 2.000 meter," jelasnya.

"Meski begitu pembangunan tetap dilakukan bertahap. Jadi selesaikan dulu yang sudah ada, sisanya tinggal ditambah. Yang penting sudah diresmikan dan beroperasi dulu, agar dampaknya dapat langsung dirasakan," kuncinya.(drp/jul)

Kirim Komentar