10 Jul 2019 10:48

PPPK Sulut Belum Kantongi NIP, Ini Penjelasan BKD

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM—Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang lolos pada seleksi tahap I 2019, sampai saat ini belum mengantongi Nomor Induk Pegawai (NIP). Padahal NIP tersebut penting untuk PPPK. Itu juga menjadi hal wajib diterima PPPK, karena status PPPK sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh mengatakan, data PPPK yang lolos pada seleksi tahap I 2019, sudah dikirim ke pusat. Itu juga, menurut Suluh, tinggal menunggu penetapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB). Namun belum mengantongi NIP bagi PPPK ini, menurutnya, terjadi di semua daerah di Indonesia.

"Iya memang NIP bagi PPPK di Sulut yang lolos waktu lalu, sampai saat ini belum turun. Itu masih menunggu penetapan dari MenpanRB. Namun ini bukan hanya terjadi di Sulut. Semua PPPK yang lolos waktu lalu di semua daerah belum juga mendapatkan NIP. Jadi bukan hanya Sulut belum mendapatkan NIP. Data-data sudah kita kirim ke pusat untuk penetapan NIP. Jadi kita menunggu dari sana," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Manado Wakiran membantah, belum terbitnya NIP untuk PPPK hasil seleksi Februari 2019 dari jalur honorer K2, karena menunggu Perpres. Dirinya memastikan, saat ini proses pemberkasan NIP untuk PPPK sedang berlangsung.

"Proses pemberkasan terus berjalan, itu sifatnya paralel. Jadi enggak benar kalau harus menunggu Perpres. Jadi saat ini sudah ada 360 instansi di Indonesia yang mendapat formasi. Saat ini sedang proses pemberkasan. Proses pemberkasan terus berjalan. Di satu daerah ada yang cepat. Namun, daerah lain banyak yang belum selesai. Ini yang menyebabkan PPPK dari honorer K2 belum bisa mendapatkan NIP. Yang jelas masih berproses," ungkapnya.

Mengenai informasi yang menyebutkan penetapan NIP PPPK rekrutmen Februari akan disatukan dengan yang tahap II, juga dibantah Wakiran. Menurut dia, rekrutmen PPPK tahap II masih dalam perencanaan.

"Jadi enggak akan disatukan tahap I dengan tahap II ini. Prosesnya sementara berjalan untuk pemberkasan tahap I. Jadi menunggu saja dari pusat, yang pasti akan segera diselesaikan," kuncinya. (tr-02/can)

Kirim Komentar