09 Jul 2019 09:03

Dua Puskesmas di Bitung Terancam Putus BPJS

MyPassion
Franky Soriton

MANADOPOSTONLINE.COM—Ternyata belum semua Puskesmas di Bitung telah terakreditasi. Dua di antaraya belum, yaitu Puskesmas Lembeh Utara dan Puskesmas Lembeh Selatan. Kedua Puskesmas tersebut pun terancam putus kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Karena aturan mewajibkan hanya Puskesmas yang terakreditasi yang bisa kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Bitung Franky Soriton membenarkan hal itu. Menurutnya, memang masih ada dua Puskesmas di Bitung yang belum terakreditasi.

"Anggaran untuk akreditasi dilakukan secara bertahap, tahun 2017 dua Puskesmas, tahun 2018 lima Puskesmas dan untuk tahun 2019 ada dua Puskesmas. Tapi, tahun ini akan selesai mengingat target Permenkes semua Puskesmas harus terakreditasi pada 2019," jaminnya baru-baru ini.

Terpisah, Kepala BPJS Bitung Nolvie Sendouw mengatakan, memang benar saat ini Puskesmas wajib terakreditasi untuk bekerja sama dengan BPJS.

"Sesuai Peraturan Presiden Nomor 82 Pasal 67 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan bahwa fasilitas kesehatan yang memenuhi persyaratan wajib bekerja sama dengan BPJS. Sehingga, memang benar bahwa Puskesmas harus terakreditasi apabila ingin bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," katanya.(ctr-61/can)

Kirim Komentar