08 Jul 2019 15:29

Warga Sebut Jalan di Bitung Ini Mirip Kuburan

MyPassion
Kondisi ruas jalan Yos Sudarso di pusat kota tanpa penerangan jalan.(Swingly/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Sebagian wilayah pusat kota gelap gulita saat malam. Khususnya di sepanjang jalan Yos Sudarso, dari depan PT Pertamina Terminal BBM Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa, sampai dekat pintu keluar Pelabuhan Samudera Bitung. Sepajang ruas itu, tidak terlihat satupun lampu jalan yang menyala, Jumat (5/7).

Jalanan hanya terang sekita jika ada lampu kendaraan yang lewat. Yayan, warga Bitung Tengah yang berprofesi sebagai tukang ojek mengatakan, sudah dua hari terakhir lampu di tempat itu tidak menyala.

"Memang sudah biasa lampu di sekitar sini kadang mati dan kadang menyala. Tetapi lebih banyak matinya. Biasanya kalau menyala nanti akan dimatikan jam 11 siang begitu. Tetapi ada juga tidak menyala sama sekali," ujarnya.

Menurutnya, kalau lampu tidak dinyalakan kondisinya seperti kuburan. "Hari ini masih mending banyak ruko yang berjualan. Tetapi kalau hari Minggu jarang yang berjualan, terus lampunya tidak dinyalakan, nampak seperti kuburan. Padahalkan di sini (sepanjang jalur Yos Sudarso, Red) masih masuk pusat kota," lanjutnya.

Tambah Yayan, kasus kriminal juga pernah terjadi di ruas itu karena bertepatan tidak dinyalakan lampu jalan. "Pernah kejadian terjadi pencurian di sekitar jalan ini, karena banyak copet yang menjadikan kesempatan area yang gelap. Dan juga saya sebagai pengendara merasa sulit untuk melihat orang-orang yang berjalan di pinggir jalan, maupun yang akan menyeberang jika lampu tidak dinyalakan. Sehingga, pernah juga terjadi kecelekaan," katanya.

Dia pun berharap, agar lampu jalan di sepanjang Jalan Yos Sudarso dinyalakan supaya bisa mengurangi tindakan kejahatan maupun kecelakaan serta memperindah kota.

"Kalau gelap begini, pasti tidak indah untuk dilihat. Serta, bisa saja terjadi kembali kecelekaan maupun tindakan kejahatan lainnya. Semoga, pihak terkait menyalakan dan mematikan lampu tepat waktu," tutup Yayan.

Wartawan koran ini berupaya mendapatkan pernyataan dari PT PLN Rayon Bitung di Kelurahan Kadoodan, Kecamatan Madidir. Namun saat dikunjungi Sabtu (6/7) kantor sedang tutup.(ctr-61/can)

Kirim Komentar