08 Jul 2019 15:59
Bakal Dihelat di 38 Desa

Tunggu SK Bupati, Pilkades Serentak Siap Bergulir

MyPassion
Grafis.(dok)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung di 10 kecamatan, lebih khusus di 38 kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Tinggal menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) Bupati. Meski secara keseluruhan, peraturan dan mekanisme pelaksanan Pilkades tahun ini, umumnya masih menyesuaikan dengan aturan sebelumnya. Dikatakan Plt Kadis DPMD Marlon Dalentang, turunnya SK Bupati jadi pegangan resmi pihaknya, guna melaksanakan pemilihan kapitalau di Bumi Karamando.

 "Sebab ada beberapa perubahan yang harus dilakukan dalam peraturan bupati (Perbup) terkait Pilkades ini, yang nantinya jadi pegangan teknis pelaksanaan pemilihan," ungkap Dalentang.

"Memang beberapa waktu lalu, sempat beredar run down pelaksanaan Pilkades, namun hal tersebut hanya  panduan waktu yang disediakan untuk panitia pemilihan di kampung," imbuhnya.

Dalentang menambahkan, memang terkait kesiapan, teknis sudah rampung. "Para panitia di masing-masing desa sudah dibekali, dan memastikan pelaksanaan Pilkades ini dapat berjalan dengan baik, sehingga kita tinggal menunggu waktu pelaksanaanya saja," kuncinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Taufan Salindeho menerangkan, kurang lebih ada 14 syarat yang wajib disanggupi oleh setiap calon kepala desa, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa.

"Syarat -syarat formal seperti biasanya, diantaranya  belum pernah menjabat sebagai kapitalau selama tiga kali masa jabatan, pernyataan sanggup bertempat tinggal di kampungnya selama menjadi kapitalau, tidak dalam status sebagai kapitalau di kampung lain, total ada 14 persyaratan yang wajib dipenuhi calon kapitalau," beber dia.(drp/jul)

Kirim Komentar